Jangan Pernah Gunakan Hand Sanitizer Sebagai Pelumas!

Setelah pandemi corona virus merebak, hand sanitizer menjadi produk yang paling banyak diburu oleh orang-orang. Hampir di setiap apotek, supermarket, atau pun minimarket, produk ini selalu terjual habis.

Seperti kita ketahui, hand sanitizer tentu saja digunakan untuk membersihkan tangan. Cara ini menjadi pilihan yang praktis apabila seseorang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan secara langsung menggunakan sabun dan air mengalir.

Meski begitu, baru-baru ini, dilansir dari sebuah postingan yang ditulis di Reddit, seorang pria berusia 30-an mengungkapkan bahwa dirinya menggunakan hand sanitizer untuk masturbasi. Apakah itu adalah ide yang baik? Jawabannya, tentu saja tidak! Ingin tahu kenapa? Berikut kisah selengkapnya.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Pelumas Supaya Seks Lebih Memuaskan

Hand Sanitizer Sebagai Pelumas? Berbahaya!

Melakukan masturbasi dengan hand sanitizer sebagai pelumas benar-benar merupakan ide yang buruk. Hal ini diakui langsung oleh seorang pria yang secara sengaja melakukannya. Tak hanya kesakitan. Pria nekat ini harus masuk rumah sakit dan menggunakan popok dewasa selama seminggu.

Ia mengungkapkan bahwa ketika itu dirinya ingin mencapai klimaks dengan bermasturbasi. Ia pun berpikir bahwa menggunakan hand sanitizer adalah pilihan yang baik. “Saya menggunakan hand sanitizer ketika itu. Tetapi sepertinya saya menggunakan terlalu banyak, sehingga muncul rasa seperti terbakar, jadi saya bilas,” ceritanya.

Setelah membilasnya, ia pun mencobanya kembali. Kali ini ia hanya menggunakan setetes hand sanitizer, namun tepat mengenai bagian uretra. Rasa menyengat dan panas seperti terbakar kembali dirasakannya, namun ia tetap melanjutkan seolah tidak terjadi masalah yang berarti.

Baca Juga :  Kelainan Seksual Termasuk Gangguan Mental?

Menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan area kelamin, baik itu penis atau pun vagina, bukanlah ide yang baik. Bahkan, penggunaan sabun untuk pelumas saat masturbasi juga bukan pilihan tepat.

“Bagian selangkangan adalah tempat yang hangat, gelap, dan cenderung berkeringat. Namun, perlu diketahui bahwa bagian kulit di sana sangatlah sensitif,” jelas Dr. Earim Chaudry, direktur medis di Manual.

Salah satu bahan utama cairan pembersih tangan adalah isopropil alkohol. Kandungan ini tidak aman untuk penggunaan internal, dan jika digunakan saat masturbasi, ini bisa membuat jalan masuk vagina atau lubang penis terbuka. Akibatnya, kulit internal vagina atau pening akan menjadi rusak.

“Alkohol mudah mengering dan kulit pada alat kelamin juga sensitif dan mudah rusak, sehingga jangan pernah menggunakan hand sanitizer sebagai pelumas,” tambah Dr. Earim

Larangan ini juga berlaku jika Kamu ingin berhubungan intim. Jangan pernah sekali pun menggunakan hand sanitizer sebagai pelumasnya. Selain tidak baik untuk dirimu, ini juga berdampak pada pasanganmu, Gengs. Ingat ya, hand sanitizer memang hanya digunakan untuk membersihkan tangan.

Baca juga: Menggunakan Air Liur sebagai Pelumas, Amankah?

Lalu, Apa Saja Pelumas yang Disarankan Saat Masturbasi?

Nah, jika hand sanitizer bukanlah pilihan pelumas yang disarankan untuk masturbasi, lalu apa saja sih jenis pelumas yang disarankan? Berikut di antaranya:

1. Berbahan dasar air

Dikenal sebagai pelumas ‘serbaguna’, pelumas berbasis air dapat digunakan dalam hampir semua aktivitas seksual, bahkan yang melibatkan sex toys berbahan silikon. Pelumas berbahan dasar air juga aman digunakan dengan kondom lateks maupun non-lateks. Ini bahkan dapat mengurangi risiko kerusakan kondom.

Baca Juga :  Kenali Tanda Cemburu yang Tidak Sehat

2. Berbahan silikon

Bagi Kamu yang memiliki kulit sangat sensitif, mungkin Kamu ingin mencoba pelumas berbahan dasar silikon. Silikon bersifat hipoalergenik, sehingga kebanyakan orang tidak akan mengalami reaksi negatif terhadapnya. Jenis pelumas ini juga cenderung bertahan lebih lama.

Namun, perlu diketahui bahwa kandungan silikon pada pelumas dapat merusak permukaan sex toys yang juga berbahan silikon. Jadi, apabila ini terjadi, kemungkinan terburuknya adalah sex toys menjadi kurang bersih karena permukaan lecetnya menjadi tempat bakteri tumbuh.

3. Berbahan dasar minyak

Pelumas berbahan dasar minyak dikenal karena sifatnya yang tahan lama. Tetapi, kelemahan dari pelumas berbahan ini adalah jika Kamu menggunakan kondom lateks. Pelumas berbahan minyak meningkatkan kemungkinan kondom robek atau rusak.

Selain itu, pelumas berbahan minyak juga dikaitkan dengan tingkat infeksi yang lebih tinggi, seperti vaginosis bakteri. Pelumas ini juga cenderung meninggalkan noda yang sulit dibersihkan pada seprai dan pakaian.

Seperti namanya, hand sanitizer memang diperuntukkan bagi penggunaan eksternal yakni membersihkan tangan. Jadi, jangan pernah gunakan hand sanitizer sebagai pelumas saat masturbasi atau berhubungan intim ya, Gengs. Lebih baik, gunakan pelumas yang memang berbahan dasar aman, seperti berbahan air, silikon, atau minyak. (BAG)

Baca juga: Bisakah Minyak Kelapa Dijadikan Pelumas Seks?

Sumber:

Healthline. “How to Choose the Best Lube for Your Sex Life“.

Metro. “Please don’t masturbate with hand sanitizer“.

Comment