Samsung Produksi Casing Galaxy S20+ Ramah Lingkungan

Plastik itu memang material yang banyak guna, sekaligus membawa seribu kerepotan. Begitu dibuang, bahan ini bakal awet tak terurai hingga ribuan tahun. Kebayang, kan? Betapa pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh sampah plastik ini, yang bakal jadi ancaman bagi anak-cucu kelak. So, banyak pihak sudah mendorong untuk membatasi penggunaan plastic.

Samsung punya cara lain untuk mendukung gerakan pengurangan limbah plastic ini. Alih-alih dibuang dan berpotensi mencemari lingkungan, Samsung mencoba memanfaatkannya untuk dijadikan material pembuat casing hape. Seperti dilaporkan laman GSMArena.com, bekerjasama dengan Kvadrat, sebuah perusahaan tekstil asal Belanda, Samsung membuat casing ponsel untuk seri Galaxy S20+ dan Galaxy Watch Active 2 dari plastic yang didaur ulang.

Baca Juga :  Mcafee : Waspada Maraknya Kejahatan Siber Ketika Musim Belanja Online

Bahan plastic yang digunakan adalah plastic bekas botol minuman. Setelah dikumpulkan dan dibersihkan, botol plastic bekas itu lantas dilumerkan dan diformulasi ulang di mesin khusus. Tahap ini disebut proses proses konversi material. Kelar di tahap ini, plastic yang sudah formulasi ulang itu dibentuk ulang menjadi kepingan polyester daur ulang.

Kepingan polyester ini yang kemudian diproses lagi dan dibentuk menjadi gulungan benang polyester FR yang 100% terbuat dari bahan plastic daur ulang tadi. Selanjutnya, dilakukan proses pewarnaan pada gulungan benang, dengan cara mencelupkannya ke dalam cairan pewarna.

Baca Juga :  Resmi Dirilis Dengan Harga Puluhan Juta, Ini Fitur Keluarga Seri Samsung Galaxy S20

Selesai diwarnai, benang-benang tadi masuk ke proses selanjutnya, semacam ditenun untuk menjadi lembaran-lembaran casing Galaxy S20+. Satu buah botol berukuran 500 ml, cukup untuk dibentuk ulang menjadi dua buah casing. Seluruh proses diklaim ramah lingkungan, hanya menghasilkan sedikit emisi CO2 (karbon dioksida) –bila dibandingkan proses tradisional. Tak butuh banyak daya listrik dan tak mengganggu sumber daya alam yang tak bisa diperbarui. Kerenlah.

The post Samsung Produksi Casing Galaxy S20+ Ramah Lingkungan appeared first on KalbarOnline.com.

Comment