Appi Wacanakan Rumah Sakit Tanpa Kelas

KalbarOnline.com, MAKASSAR – – Soal kesehatan menjadi salah satu program yang dielu-elukan kandidat kepala daerah. Termasuk yang dicanangkan bakal calon wali kota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi).

Dalam diskusi terkait Kesehatan di Cafe Res_Publica, Pettarani, Minggu, 15 Maret, Appi mengenalkan program Rumah Sakit (RS) Tanpa Kelas. Hal itu dilatar belakangi banyaknya keluhan warga saat akan berobat lantaran kelas 3 penuh. “Sehingga muncullah istilah tambah sedikit supaya dirawat di kelas 2 atau kelas 1,” kata Appi.

Baca Juga :  Proaktif Bantu Penanganan Covid-19, bank bjb Diganjar Penghargaan BNPB

Program Rumah Sakit Tanpa Kelas adalah salah satu dari delapan program yang dikenalkan Bos PSM ini. Yakni menyiapkan RS yang hanya menyediakan satu kelas, yakni kamar kelas tiga dengan fasilitas melebihi standar kelas tiga pada umumnya. Appi menyebutnya dengan istilah “kelas tiga plus.”

Pembangunan dibidang kesehatan juga tidak parsial, namun harus dilakukan secara holistik dan komprehensif. Karenanya tindakan preventif atau pencegahan penyakit akan lebih diutamakan melalui edukasi masyarakat dan kebijakan lingkungan. Di setiap kelurahan akan risiapkan minimal dua dokter yang bersiaga on call.

Baca Juga :  Soal Telegram Kapolri, YLBHI: Kepolisian Tidak Bisa Larang Demonstrasi

“Untuk menjemput warga sakit agar tidak terabaikan di rumah. Begitupun setelah keluar dari RS, mesti dikunjungi untuk memastikan telah benar-benar sehat, ” bebernya. (nur/fajar)

Comment