Peresmian RS Hasri Ainun Habibie Kado Spesial di HUT Ke-60 Parepare

KalbarOnline.com, PAREPARE — Di era kepemimpinan Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman hadirnya rumah sakit regional menjadi program prioritas.

Termasuk di Kota Parepare, berkat Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berhasil menghadirkan rumah tersebut. Dan diresmikan langsung Gubernur Sulsel di kawasan Tonrangeng River Side, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, Sabtu, 14 Maret 2020. Peresmian ini bertepatan dengan puncak peringatan HUT Ke-60 Parepare.

Rumah sakit ini berlantai tujuh dilengkapi dengan esklator dan lift, memiliki fasilitas peralatan kedokteran modern. Pemprov memberikan bantuan berupa Bantuan Keuangan Daerah Bawahan sebesar Rp 75 miliar rupiah.

“Saya bangga semua anggota DPRD Sulawesi Selatan yang datang mengatakan bahwa, ‘Gubernur ini Pak Walikota ini bangun Mall atau bangun rumah sakit’,” kata Nurdin Abdullah.

Nurdin juga mengatakan untuk kelanjutan pembangunan Pemprov menunggu perhitungan berapa kebutuhan anggaran untuk pembangunan tahap kedua.

Baca Juga :  Luncurkan Garda Kagum, Menag Minta Guru Madrasah Terus Berinovasi

Nurdin mengharapkan, sinergi dapat dilakukan antara rumah sakit ini dengan rumah sakit yang ada di Makassar.

“Insya Allah lima lagi rumah sakit regional kita bangun yang pertama di sini kota Parepare kita telah wujudkan bersama yang kedua Kota Palopo,” sebutnya.

Untuk lantai satu fasilitas yang ada ruang UGD dan Ruang KB terintegrasi, lantai dua rekam medik dan radiologi, lantai tiga poliklinik dan fisioterapi, lantai empat kamar operasi, lantai lima ICU dan ICCU, lantai enam dan tujuh kamar perawatan.

Sementara Taufan Pawe menjelaskan, hadirnya rumah sakit ini dari keprihatinan dari pelayanan kesehatan yang ada. Pada tahun 2014 memotret jumlah pasien setiap harinya mencapai 400-500 pasien dan bahkan di akhir pekan sampai 600 pasien karena, termasuk yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

Namun dalam perjalanan pembangunannya dari tahun-ketahunan dengan dana awal yang terbatas didapatkan dana alokasi khusus, dan tidak bisa terselesaikan dan baru dapat terselsaikan dengan adanya Bantuan Keuangan Daerah Bawahan sebesar Rp 75 miliar rupiah.

Baca Juga :  MPR: Islam Berhasil Hadir di Sumenep Tanpa Menghapus Budaya yang Ada

“Alhamdulillah hadir sosok putra daerah Kota Parepare, Bapak Profesor Nurdin Abdullah dan terpilih menjadi Gubernur Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Pada berbagai kesempatan, Taufan mengemukan pada pertemuannya dengan Gubernur Sulsel pembangunan dilakukan dengan membantu daerah dengan konsep sinergitas. Sehingga daerah tidak hanya mendapat bantuan semata dari provinsi.

Demi meningkatkan pelayanan kenyamanan dan keindahan rumah sakit tersebut Taufan berinisiasi menambah anggaran tambahan seperti Dana Insentif Daerah (DID).

“Ini merupakan rumah sakit regional dengan konsep medical tourism, kami juga menyentuh dengan dana-dana, yaitu seperti dana DID,” jelasnya.

Bahwa peresmian ini juga merupakan tahap penyelesaian awal rumah sakit ini. Dimana bangunan awal ini terdiri dari 206 kamar. (*)

Comment