by

Lomba Sampan Bidar Semarakan Penyambutan Isra Mi’raj di Sekadau

Bupati buka lomba sampan bidar sambut Isra Mi’raj

KalbarOnline, Sekadau – Penyambutan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad di Kabupaten Sekadau diisi berbagai kegiatan, salah satunya dengan perlombaan sampan bidar yang dibuka langsung oleh Bupati Sekadau, Rupinus yang dipusatkan di Dusun Teluk Pasir, Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau, Sabtu (14/3/2020).

Kepala Desa Tanjung, Syamsudin mengatakan, perlombaan sampan bidar ini merupakan wadah bagi para pemuda Sekadau dan sekitarnya untuk menyalurkan bakat di cabang olahraga dayung. Sesuai rencana, lomba sampan bidar ini akan diselenggarakan selama dua hari yang diikuti oleh 75 tim dayung yang berasal dari berbagai daerah kabupaten/kota di wilayah timur Kalbar di antaranya Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Sanggau.

“Selaku tuan rumah, Dusun Teluk Pasir, Desa Tanjung menurunkan 10 tim dayung,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk hadiah ini pada lomba sampan bidar ini, para peserta akan memperebutkan Piala Dusun Teluk Pasir dan juga akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan.

“Lomba sampan bidar ini sudah beberapa kali dilaksanakan bahkan dari tahun ke tahun, tentunya bertujuan untuk melestarikan olahraga sampan bidar tradisional yang ada khususnya di Desa Tanjung. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara kita,” tukasnya.

“Pada hari ini ada sebanyak 75 tim yang turut serta, yang terdiri dari beberapa tim yang berasal dari kabupaten tetangga serta dari desa pinggiran sungai di Kabupaten Sekadau. Kami berharap agar nantinya kegiatan pertandingan sampan bidar tradisional ini bisa sukses hingga selesai tanpa adanya hambatan,” tandasnya.

Sementara Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan, selain untuk memeriahkan penyambutan Isra Mi’raj perlombaan sampan bidar ini juga untuk memasyarakatkan olahraga dan mewariskan tradisi nenek moyang sekaligus sebagai ajang menjaring atlet dayung berprestasi.

“Sehingga juga menjadi bagian dari pada bagaimana untuk mengupayakan dan mempromosikan wisata serta mencari bibit atlet dayung sampan bidar di Kabupaten Sekadau,” ujar Bupati.

Menurut orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari ini menyatakan bahwa atlet dayung sampan bidar sampai saat ini telah banyak menorehkan berprestasi serta juga telah diperhitungkan prestasinya secara nasional.

“Semoga ke depan tim sampan bidar dari Kabupaten Sekadau bisa terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

Dia berharap agar ke depan, kegiatan serupa bisa berlanjut dan dampak dari kegiatan yang dilaksanakan ini bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami juga mohon dukungan dari berbagai pihak serta masyarakat agar Kabupaten Sekadau ke depan bisa lebih maju, mandiri dan berdaya saing di berbagai bidang olahraga serta dikenal luas,” tandasnya.

Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Sekadau, Sekwan Kabupaten Sekadau, Para Asisten, Kepala Dinas serta Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Camat Sekadau Hilir, perwakilan Polres Sekadau, Kepala Desa Tanjung, panitia sampan bidar, anggota PODSI Sekadau serta para tamu undangan lainnya. (Mus)

Comment

News Feed