Mums, Ketahui Daftar Makanan Penurun Kolesterol untuk Ibu Hamil!

Kehamilan sering kali dijadikan alasan bagi Mums untuk makan apa pun sebanyak-banyak. Padahal, seharusnya Mums memperhatikan pola makan dan asupan nutrisi yang hendak dikonsumsi. Jika Mums makan secara berlebihan, justru dapat berisiko meningkatkan kadar kolesterol.

Nah, kadar kolesterol yang tinggi saat hamil, apalagi tidak terkendali, dapat meningkatkan risiko stroke ataupun serangan jantung. Oleh karena itu, Mums sebaiknya mencegah lonjakan kadar kolesterol saat hamil. Lantas, apa saja makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil yang perlu diketahui?

Makanan Penurun Kolesterol untuk Ibu Hamil

Saat hamil, kadar kolesterol memang meningkat secara alami. Menurut ahli gizi asal Amerika Serikat, Carolyn Gundell, kadar kolesterol ini dapat naik sebanyak 25-50% selama trimester kedua dan ketiga, Mums. Oleh karena itu, penting menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

Baca juga: 5 Superfood untuk Ibu Hamil

Namun jika Mums memang sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi saat hamil, rutinlah berkonsultasi dengan dokter. Mums mungkin akan disarankan untuk menerapkan pola diet yang sehat. Karena ibu hamil perlu memperhatikan asupan nutrisi, terutama menjaga kadar kolesterol tetap stabil, berikut makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil yang perlu diketahui!

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil yang bisa menjadi pilihan. Seperti yang diketahui, wortel merupakan sayuran yang kaya akan serat dan antioksidan, serta rendah kalori. Inilah mengapa wortel baik untuk kesehatan jantung dan menjaga berat badan ideal.

Baca Juga :  Kurangi Sampah Plastik, Edi Kampanyekan Bawa Tas Belanja Sendiri di Peringatan HPSN 2023

2. Apel

Buah yang satu ini juga bisa menjadi pilihan makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil, lho. Apel mengandung pektin, serat larut yang penting untuk menurunkan kolesterol. Menurut penelitian, mengonsumsi apel secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol total. Selain itu, kandungan fenolik pada kulit apel dapat meningkatkan aliran darah.

Baca juga: Kenali Manfaat Apel untuk Ibu Hamil, Yuk!

3. Teh

Tahukah Mums kalau teh dapat meningkatkan kesehatan jantung? Yup, katekin yang terkandung dalam teh membantu mengaktifkan oksida nitrat, yang penting untuk tekanan darah sehat. Selain itu, katekin juga dapat menghambat sintesis kolesterol serta membantu mencegah pembekuan darah. Kandungan quercetin dalam teh juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah serta mengurangi peradangan.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti kangkung dan bayam, mengandung lutein dan karotenoid yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, sayuran hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Menurut penelitian, lutein yang terkandung dalam sayuran hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca juga: Apa Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil? Ini Pilihannya, Mums!

5. Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan salah satu pilihan makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil. Tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk masakan, bawang putih juga sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional. Menurut penelitian, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol total ataupun kolesterol jahat.

Baca Juga :  Belanja dari Rumah Saat Wabah? Catat, Ini Barang yang Wajib Dibeli!

6. Oats

Menurut British Journal of Nutrition, oats mengandung beta-glukan, yang merupakan serat larut untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, berdasarkan penelitian, mengonsumsi oats dapat menurunkan kolesterol total sebesar 5% dan kolesterol jahat hingga 7%.

7. Tuna

Apakah Mums suka mengonsumsi ikan, khususnya tuna? Jika iya, makanan yang Mums sukai ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik serta mengurangi peradangan dan risiko stroke, lho. Kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada tuna juga dapat menurunkan kadar trigliserida, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

Baca juga: 10 Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Itulah ketujuh makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil yang bisa menjadi pilihan. Jangan lupa memasukkan ketujuh makanan di atas dalam menu harian Mums, ya! (AS)

Referensi

Healthline. 2015. How to Manage Your Cholesterol Levels During Pregnancy.

Healthline. 2018. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.

First Cry Parenting. 2018. Cholesterol Levels during Pregnancy–Normal, High, and Low.

Good House Keeping. 2020. 40 Tasty Foods that Can Help You Lower Your Cholesterol.

Comment