Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil dan Aturan Konsumsi yang Aman

Ketika Mums sedang hamil, makanan atau diet yang dikonsumsi sehari-hari juga harus diubah. Saat sedang hamil, Mums harus banyak mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan lainnya.

Namun, tidak semua makanan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, bagaimana dengan jambu biji? Adakah manfaat jambu biji untuk ibu hamil dan bagaimana aturan konsumsi yang aman? Baca penjelasannya di bawah ini ya, Mums!

Baca juga: 5 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kehamilan

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang sangat bernutrisi. Ahli juga percaya bahwa makan jambu biji saat hamil sangat bermanfaat. Jambu biji kaya akan vitamin, mineral, dan asam folik. Berikut kandungan nutrisi jambu biji:

  • Kaya akan vitamin C, A, B2, dan E. Jambu biji dipercaya mengandung lebih banyak vitamin A dan vitamin C daripada jeruk dan lemon.
  • Kaya akan asam folik. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan janin, khususnya pertumbuhan sistem pernapasan dan perkembangan sistem sarafnya.
Baca juga: Segar dan Manis! Ini 8 Manfaat Buah Jeruk Untuk Ibu Hamil

Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ternyata cukup signifikan. Jambu biji rendah lemak serta kaya air dan nutrisi. Jadi, Mums sangat boleh mengonsumsinya saat hamil. Berikut sejumlah manfaat jambu biji untuk ibu hamil:

1. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi selama hamil adalah salah satu penyebab anemia yang paling umum pada wanita. Kandungan zat besi di dalam jambu biji sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang mengalami anemia, termasuk wanita hamil. Manfaat jambu biji untuk ibu hamil lebih kepada meningkatkan kadar hemoglobin, sehingga bisa mencegah gejala anemia.

Baca Juga :  Dapatkan Kulit Putih Berseri dengan Masker dari Bahan Alami Berikut Ini

2. Memperkuat Sistem Imun

Wanita hamil harus banyak mengonsumsi vitamin B, C, dan E untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dan anti-toksin di dalam jambu biji juga mampu mengurangi masalah umum kehamilan.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan laksatif di dalam jambu biji membantu menjaga kesehatan pencernaan. Wanita sering mengalami masalah pencernaan di masa kehamilan. Inilah mengapa jambu biji juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Relaksasi Otot

Ketidakseimbangan hormon dan semua perubahan yang terjadi selama kehamilan, membuat Mums lebih rentan mengalami nyeri dan pegal. Jadi, yang Mums butuhkan dalam fase kehamilan adalah rileks.

Biasanya dokter akan memberikan masukan yang bisa dilakukan agar menjadi rileks. Namun, Mums juga bisa mengonsumsi makanan yang bisa merelaksasi tubuh, salah satunya jambu biji. Kandungan magnesium di dalam jambu biji membantu Mums untuk rileks. Tidak hanya membuat otot rileks, magnesium juga baik untuk merelaksasi otak.

5. Mengontrol Diabetes

Jambu biji membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tentunya, ini bisa menghindarkan Mums dari risiko diabetes gestasional.

6. Baik untuk Jantung

Karena kaya akan kalium, jambu biji baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, jambu biji juga kaya akan vitamin C dan sodium, sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Mencegah Dehidrasi

Penting bagi ibu hamil untuk selalu terhidrasi. Cara terbaik adalah dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Cara tambahan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik adalah mengonsumsi buah yang kaya kandungan air, termasuk jambu biji. Jadi, satu lagi manfaat jambu biji untuk ibu hamil adalah mencegah dehidrasi.

Baca Juga :  Penyebab Warna Urine Berubah Selama Hamil

8. Mengandung Asam Folik

Folik dan asam askorbik di dalam jambu biji membantu menjaga kesehatan sistem pernapasan wanita hamil. Kedua nutrisi tersebut juga baik untuk perkembangan sistem saraf bayi di dalam kandungan.

9. Meredakan Morning Sickness

Hampir semua ibu hamil pasti mengalami morning sickness, yang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kehamilan sering kali membuat Mums mual dan muntah akibat perubahan kadar hormon.

Jadi, buah yang bisa mengontrol kadar hormon, seperti jambu biji, baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam jambu biji bisa membantu meredakan morning sickness.

10. Membantu Pertumbuhan Janin

Jambu biji kaya akan vitamin A, B, C, dan E, serta mineral tiamin, tembaga, kalsium, potasium, dan fosfor. Jadi, karena kandungan multivitamin dan multimineralnya, jambu biji baik untuk perkembangan janin.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah BAB Hitam saat Hamil

Efek Samping dan Cara Aman Konsumsi Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Umumnya, ibu hamil aman-aman saja makan jambu biji. Namun, konsumsi berlebihan bisa menyebabkan sejumlah masalah pada ibu hamil, misalnya mengalami diare. Sebagai rekomendasi, pilihlah jambu biji yang sudah matang, bukan yang setengah ataupun tidak matang. Pasalnya, tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. Selain itu, sebaiknya jangan makan jambu biji dengan kulitnya. Makan jambu biji dengan kulitnya bisa menyebabkan iritasi, bahkan diare. (AS)

Sumber

First Cry Parenting. Eating Guavas During Pregnancy – Is It Safe?. Agustus 2019.
Matrnity. Guava During Pregnancy: Safety Profile, Health Benefits & Side Effects. September 2019.

Comment