Coronavirus pada Diabetes Lebih Berbahaya, Ini Cara Meningkatkan Imun!

Dalam pemberitaan beberapa hari lalu, pasien yang dinyatakan positif coronavirus meninggal dunia dan memiliki riwayat penyakit, salah satunya diabetes. Nah, coronavirus merupakan ancaman kesehatan yang serius dan orang-orang dengan kondisi medis kronis, seperti diabetes bisa berisiko tinggi mengalami komplikasi hingga kematian.

Oleh karena itu, penderita diabetes diharapkan untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penularan coronavirus. Lantas, bagaimana cara meningkatkan imun untuk penderita diabetes?

Cara Meningkatkan Imun untuk Penderita Diabetes

Orang-orang dengan diabetes lebih berisiko atau rentan terhadap penyakit akut, kronis, serta infeksi. Untuk mencegah tertularnya coronavirus dan komplikasi. Berikut beberapa cara meningkatkan imun untuk penderita diabetes yang bisa Kamu lakukan!

1. Perhatikan Pola Makan

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan sistem imun dan membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah. Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang salah bisa menyebabkan kadar gula darah naik dan menurunkan sistem imun.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengendalikan kadar gula darah dengan membatasi asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Ganti karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, mi instan, atau makanan olahan tepung menjadi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, ataupun oatmeal.

Baca juga: Kelola Diabetes dengan Pola Hidup Sehat dan Konsumsi Obat Herbal yang Aman!

Pastikan Kamu tidak mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Kamu bisa mengatur kalori yang dikonsumsi dan usahakanlah untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang mengandung serat, protein, vitamin, hingga mineral.

Baca Juga :  Langkah-langkah Pencegahan Coronavirus pada Penyandang Diabetes

Nutrisi tertentu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dan E diyakini dapat meningkatkan sistem imun dan dapat Kamu temukan pada brokoli, jeruk, tomat, biji-bijian, hingga kacang-kacangan. Konsumsilah juga makanan yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti jahe, bawang putih, jamur, ataupun yoghurt.

Selain mengatur dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, penderita diabetes juga perlu melakukan pemeriksaan darah secara rutin. Dengan begitu, Kamu tidak akan sembarangan makan dan lebih memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi agar kadar gula darah dalam batas yang normal.

Baca juga: Benarkah Terlalu Banyak Makan Buah Menyebabkan Diabetes?

2. Rutinlah Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat mengurangi risiko mudahnya tertular penyakit ataupun virus. Berolahraga secara rutin juga dapat membantu Kamu mempertahankan berat badan yang sehat sebagai faktor penting untuk penderita diabetes. Berolahraga juga mengurangi stres dan menghasilkan endorfin yang membuat Kamu menjadi lebih bahagia.

3. Jangan Stres!

Stres memang tidak dapat dihindari. Stres bisa meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi sel darah putih sehingga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hindarilah hal-hal atau masalah yang dapat meningkatkan atau memicu stres. Hormon yang berhubungan dengan stres, seperti adrenalin dan kortisol dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, obesitas, hingga gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga :  5 Penyebab Obesitas yang Jarang Diketahui

4. Istirahatlah yang Cukup

Seperti yang diketahui, kurang tidur dapat berdampak negatif pada fungsi sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang insomnia meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan kadar asam lemak dan kortisol dalam darah. Cobalah untuk beristirahat yang cukup atau tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk menjaga sistem imun.

Baca juga: Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

5. Hentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan bisa berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. Merokok juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, dan gangguan pernapasan. Oleh karena itu, berhentilah merokok dan batasi asupan alkohol untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, agar kadar gula darah terkendali dan sistem imun tetap terjaga, Kamu bisa menerapkan kelima cara di atas ya, Diabestfriend! Yuk, cegah coronavirus dengan meningkatkan sistem imun agar terhindar dari risiko komplikasi dan kematian!

Referensi

American Diabetes Association. Covid-19 (Coronavirus).

News Scientist. 2020. Coronavirus: Risk of death rises with age, diabetes, and heart disease.

Tribunnews. 2020. Riwayat Penyakit Pasien Corona yang Meninggal Dunia di Indonesia: Diabetes hingga Hipertensi.

ADW Diabetes. 2018. 6 Ways to Boost Your Immunity with Diabetes.

Comment