by

Apple Beri Petunjuk Cara Mencegah Virus Corona Nempel di iPhone

Dulu waktu awal-awal muncul isu virus corona, sempat ada rumor yang bilang, satu merek hape asal Cina terkontaminasi dan menyebarkan virus berbahaya itu. Informasi yang rada-rada sesat itu disebarkan lewat Twitter, dan segera viral. Segera pula dibantah ramai-ramai. Itu hoax. Lah, gimana caranya menyebar? Merambat lewat frekuensi? Atau ndompleng di sinyal wifi?

Tapi, ketika wabah corona sudah menggila dan menyebar ke seluruh dunia, barulah terpikirkan, tak menutup kemungkinan corona tertular lewat hape. Jadi begini, secara teori bisa saja si virus itu menempel di hape. Benda ini kan selalu di bawa kemana-mana sama yang empunya. Selalu terekspos di udara terbuka.

Bisa saja ketika dipegang, atau ditaruh di meja, dan sebagainya, terkena atau bersentuhan dengan sumber virus dari luar. Entah tak sengaja ada yang bersin di sebelah, dan percikan bersin menempel di hape yang tengah dipegang. Lalu permukaan hape yang kena percikan lantas nempel di muka ketika menerima telepon, atau tangan yang menggenggam, ikut menyentuh bagian yang terpercik. Pokoknya bisa sejuta kemungkinan. Artinya, ada kemungkinan penularan virus lewat hape.

Makanya Apple selaku produsen perangkat iPhone, iPad, Mac, lantas merilis artikel tentang, bagaimana cara membersihkan produk Apple dari kemungkinan terpapar virus. Seperti ditulis ZDNet.com, Apple merekomendasikan penggunaan cairan alcohol isopropyl 70% atau Clorox Disinfenting, untuk disapukan ke permukaan body yang keras dan tidak keropos. Seperti, layar display, keyboard, atau permukaan luar lainnya.

Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Jangan gunakan pemutih
  • Hindari uap atau embun pada bagian yang terbuka
  • Jangan cemplungkan ke bahan pembersih
  • Jangan gunakan pembunuh kuman (disinfectant) pada permukaan kain atau kulit

Apple juga sangat mewanti-wanti, jangan sampai ada cairan pembersih atau cairan apapun masuk ke bagian dalam perangkat. Itu bisa merusak perangkat. Dan, ingat ini! Apple tak menanggung kerusakan akibat kemasukan cairan. Itu di luar garansi yang diberikan Apple. Jadi, hati-hati. Peras kain lap sebelum menyapu permukaan yang hendak dibersihkan. Jangan sampai cairan pembersih mbleber.

Nah, ini beberapa tips yang diberikan Apple menyangkut cara membersihkan iPhone dan produk Apple lainnya:

  • Gunakan kain yang lembut. Bukan kain kasar, handuk, tisu toilet atau yang sejenisnya.
  • Sewaktu mengelap, jangan menyapu terlalu keras, atau menekan perangkat.
  • Lepaskan segala kabel yang terpasang, baik kabel power bank, charger dan sebagainya.
  • Jauhkan wadah cairan pembersih dari perangkat. Kesenggol, tumpah, kena iPhone, berabe urusannya.
  • Hindari pengembunan pada bagian-bagian yang terbuka.
  • Jangan gunakan aerosol dan pemutih.
  • Jangan gunakan menyemprot cairan pembersih langsung ke iPhone.

Kira-kira begitulah wejangan Apple untuk para pengguna ketika kepingin membersihkan iPhone dan saudara-saudaranya dari kemungkinan terpapar kuman. Anyway, sebenarnya cara ini bisa digunakan juga kok untuk smartphone Android. Gak mesti produk Apple.

The post Apple Beri Petunjuk Cara Mencegah Virus Corona Nempel di iPhone appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed