Categories: Nasional

Rekrutmen Polisi, Kapolri Ancam Copot Anggota yang “Bermain”

KalbarOnline.com — Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz mengingatkan agar proses rekrutmen Polri ke depan seperti Tamtama, Bintara, Perwira, hingga Akpol mengedepankan prinsip ‘Betah’ atau bersih, transparan, akuntabel, dan humanis.

Hal ini diutarakannya saat membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) SDM Polri T.A. 2020 di Pusdikmin Polri, Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/3/2020).

Usai membuka kegiatan, Idham menjelaskan dalam Raker pihaknya telah memberikan sejumlah arahan kepada anggotanya. “Anggota di lingkup eksternal maupun internal Polri mesti bekerja sama dan menunjukkan sikap transparan dalam proses rekrutmen. Betah itu bersih, transparan, akuntabel, dan humanis,” kata Idham seperti dikutip PojokSatu.id (Jawa Pos Group).

Soal rekrutmen bersih juga, diminta Jenderal Idham datang dari eksternal Polri. Ia juga mengingatkan agar tidak ada transaksi ‘bayar-bayar’ dalam proses rekrutmen untuk membangun kualitas sumber daya yang unggul.

“Intinya eksternal dan internal bekerja sama-sama untuk betul-betul menunjukkan transparan. Saya menegaskan, bakal mencopot panitia yang diketahui melakukan transaksi ‘bayar-bayar’,” tegasnya.

Diketahui pendaftaran Bintara Polri telah dibuka sejak tanggal 7 hingga 20 Maret mendatang. Sejumlah persyaratan harus dipenuhi para pendaftar seperti berkewarganegaraan Indonesia hingga berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat. (JPC)

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Peringatan Hardiknas 2024, Pj Bupati Romi: Mengenang Perjalanan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)…

7 hours ago

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

7 hours ago

Warga MHS Ketapang Dihebohkan ODGJ Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas

KalbarOnline, Ketapang - Warga Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dibuat heboh dengan…

7 hours ago

Kadiskop UKM Kalbar Turun Langsung Monitoring Tumbuh Kembang Anak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Junaidi bersama Anggota Korps Pegawai Republik…

7 hours ago

Pimpin Upacara Hardiknas, Harisson Serukan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan…

7 hours ago

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

21 hours ago