Sudah 19 Positif Coronavirus di Indonesia, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Apakah Sekarang ini Kamu tidak dapat menemukan pembersih tangan (hand sanitizer) di toko manapun? Semua habis diborong karena meningkatnya kepanikan coronavirus. Tidak usah panik Geng, Kamu bisa membuat hand sanitizer sendiri kok di rumah. Bahkan meskipun tanpa hand sanitizer pun Kamu bisa tetap terlindung dari coronavirus asalkan rajin cuci tangan dengan sabun.

Dari sisi kepraktisan, hand sanitizer memang paling unggul. Kamu bisa membawanya ke manapun untuk membersihkan tangan setiap saat, ketika sulit menemukan tempat cucui tangan yang bersih.

Maka daripada membeli dengan harga mahal karena tingginya permintaan, Kamu bisa membuat hand sanitizer sendiri. Beberapa pakar dan praktisi medis sudah menyebarkan video tutorial bagaimana membuat hand sanitizer sendiri. Jika belum, ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

Baca juga: Aksi Borong Hand Sanitizer, Apakah Memang Efektif Membunuh Coronavirus?

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Hand Sanitizer

Bahan aktif paling penting dalam hand sanitizer adalah alkohol. Kamu bisa mendapatkan alkohol dengan mudah di apotik. Namun, agar efektif membunuh kuman, hand sanitizer harus mengandung alkohol minimal 60%. Untuk membuat hand sanitizer sendiri, kadar alkohol yang disarankan bahkan di atas 90%.

Baca Juga :  Haruskah Menghindari Hubungan Seksual dan Berciuman untuk Cegah Corona?

Oh ya, alkohol ini banyak jenisnya. Jenis yang biasa digunakan sebagai bahan utama hand sanitizer adalah etanol (alkohol 99%) atau isopropil. Jika Kamu ingin membuat sendiri hand sanitizer, sebaiknya tidak menggunakan alkohol jenis lain, misalnya metanol atau butanol, karena beracun. Selain itu, jika Kamu tidak menemukan alkohol dengan konsentrasi 99%, misalnya hanya 70%, maka solusinya Kamu perbanyak perbandingan alkoholnya agar efektif.

Selain alkohol, Kamu membutuhkan gel lidah buaya atau aloe vera sebagai pengental. Selain itu pewangi untuk hand sanitizer buatan sendiri. Kamu bisa menggunakan minyak esensial dengan aroma pilihan Kamu. Lebih baik pilih yang juga memiliki sifat antikuman. Misalnya, minyak thyme dan cengkeh yang memiliki sifat antimikroba.

Jika Kamu menggunakan minyak esensial antimikroba, gunakan hanya satu atau dua tetes, karena minyak ini cenderung sangat kuat dan dapat mengiritasi kulit. Minyak lain, seperti lavender atau chamomile, dapat membantu menenangkan kulit. Cocok bagi yang kulitnya sensitif atau mudah kering.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Tangan

Baca Juga :  Ciri-ciri Bucin alias Budak Cinta, Kamu Salah Satunya?

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Jika semua bahan sudah Kamu dapatkan, tinggal ikuti cara pembuatannya.

  1. Siapkah mangkuk, tuang alkohol dua pertiga dari takaran yang akan Kamu buat. Ingat ya Gengs, Kandungan alokohol harus lebih dari 90%. Jangan gunakan yang lebih rendah dari itu karena efektivitasnya diragukan untuk membuhuh kuman.
  2. Masukkan sepertiga takaran gel Aloe Vera.
  3. Masukkan 3-5 tetes minyak esensial.
  4. Aduk rata sampai tercampur sempurna.
  5. Pindahkan ke botol-botol kecil hand sanitizer yang bisa Kamu pilih sendiri modelnya. Umumnya yang berupa spray atau botol semprotan.
  6. Hand sanitizer pun siap digunakan dan Kamu bawa ke manapun Kamu pergi.

Cara membuat hand sanitizer sendiri ini diharapkan bisa menjadi solusi saat barangnya langka di pasaran. Rupanya, tak hanya di Indonesia. Menurut riset pasar Nielsen, penjualan hand sanitizer di Amerika Serikat naik 73% dalam empat minggu terakhir.

Baca juga: Takut Tertular, Inilah Pengganti Jabat Tangan untuk Cegah Coronavirus

Referensi:

Foxnews.com. How to make your own hand sanitizer.

Thespruce.com. Make you own homemade hand sanitizer.

Comment