Kesbangpol Ketapang Gelar Rakor Penyusunan Rencana Aksi Terpadu Penanganan Konflik Sosial

KalbarOnline, Ketapang – Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Kesbangpol) Kabupaten Ketapang menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Aksi Terpadu dalam rangka penanganan konflik sosial di Kabupaten Ketapang. Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Borneo Ketapang ini dibuka langsung oleh Staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM, Ir. H. Husnan, M.T.P, Jumat (7/3/2020) pagi.

Dalam sambutannya, Husnan menyampaikan bahwa untuk menuju kehidupan yang harmonis rukun dan damai maka mengharuskan kita semua untuk dapat menjaga kondusifitas dan toleransi dalam keberagaman ini fungsi dan peran seluruh kita hadir sangat dibutuhkan karena hal ini juga menjadi modal dasar melaksanakan pembangunan di Kabupaten Ketapang.

“Dalam upaya melaksanakan amanat dan dan impelmentasi undang nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial maka tindak lanjut yang nyata seperti pelaksanaan rapat koordinasi antar seluruh pihak terkait dalam penanganan berbagai hal terkait konflik sosial di Kabupaten Ketapang yang terdiri dari ragam etnis dan agama hal tersebut yang membentuk kehidupan kemajemukan di Kabupaten Ketapang,” katanya.

Baca Juga :  Polisi Periksa TKA Tiongkok Terduga Kasus Asusila

Ia berharap agar peserta dapat memanfaatkan rakor dengan optimal untuk mendengarkan setiap laporan materi dari narasumber dan bertukar ide dan pikiran agar kehadiran peserta rakor dapat memberikan sumbangsih nyata terhadap upaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan keharmonisan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Ketapang.

“Besar harapan saya agar sinergisitas yang terjadi baik pemerintah melalui kesbangpol dengan, polres, korpri, kejari dan pihak terkait lainnya dapat mewujudkan tatanan kehidupan yang aman dan tenram,” Harap Husnan.

Sekarang ini dikatakan Husnan bahwa banyak hal yang menyebabkan konflik sosial itu cepat merebak dan menjadi bahaya, yang perlu kita hindari yaitu salah satunya dengan tersebarnya berita hoax melalul media sosial.

Baca Juga :  Merasa Difitnah dan Dirugikan, Ketua DPC PDIP Ketapang Akan Tempuh Jalur Hukum

“Tidak jemu-jemunya saya ingatkan kepada masyarakat agar bersama-sama kita perangi hal tersebut. Saya ingin seluruh warga memiliki kesadaran tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu terlebih kepada segala sesuatu yang dapat memecah belah persatuan,” imbaunya.

Staf ahli Bupati ini juga mengajak untuk menyatukan tindak dan langkah sinergi serta dukungan dari seluruh pihak melalui peran serta masing-masing demi terwujudnya Kabupaten Ketapang yang lebih baik.

“Mari bangkit dan sadar untuk menjadi manusia unggul yang berdaya dan membangun harus diawali dengan solidaritas cinta tanah air bela negara dalam mempertahankan kedaulatan NKRI,” tandasnya. (Adi LC)

Comment