2.793 Personil TNI – Polri Dikerahkan Amankan Sidang Putusan Karhutla di Sintang

KalbarOnline, Sintang – Sebanyak 2.793 personil TNI – Polri dikerahkan amankan sidang putusan karhutla di Sintang, Senin (9/3/2020).

Personil sebanyak itu dikerahkan untuk mengamankan jalannya sidang perkara Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pengadilan Negeri Sintang, di mana perkara yang melibatkan peladang sebagai terdakwa itu memantik reaksi berbagai pihak termasuk para peladang yang dikabarkan akan melakukan aksi damai bersamaan dengan pelaksanaan sidang putusan.

“Kepada masyarakat silahkan beraktifitas seperti biasa, percayakan sepenuhnya kepada TNI – Polri untuk memberikan rasa aman,” tegas Wakapolda Kalimantan Barat, Brigjen Pol Imam Sugianto, usai apel persiapan pengamanan, di Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (8/3/2020).

Imam berpesan kepada seluruh personil pengamanan agar mengedepankan sikap yang humanis kepada masyarakat yang melaksanakan aksi demonstrasi dan berharap dapat berjalan dengan lancar dan jauh dari sikap anarkis.

Baca Juga :  Amankan Pemilu 2019 di Sanggau, TNI-Polri Kerahkan Kekuatan

Selain itu ia juga mengimbau agar masyarakat tidak terpancing oleh isu – isu atau berita Hoaks yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban.

Sementara Kapolres Sintang, AKBP Jhon H Ginting, menyampaikan apel gelar pasukan dilakukan untuk memeriksa kesiapan anggota TNI – Polri dalam rangka pengamanan sidang putusan terhadap kasus pembakaran hutan dan lahan di Pengadilan Negeri Kabupaten Sintang.

Ginting juga mengingatkan agar personil yang terlibat pengamanan harus memahami tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dan memastikan siapa dan berbuat apa di lapangan.

“Para perwira pengendali di setiap sektor penempatan harus dapat memastikan anggotanya memahami apa yang menjadi tugasnya, sehingga diharapkan pengamanan ini dapat memenuhi harapan bersama yaitu terciptanya kondisi yang aman, damai dan kondusif,” kata Ginting.

Baca Juga :  Pemkab Sintang Masih Mencari Lokasi Pembangunan Tugu Burung Garuda

Adapun 2.793 personil TNI – Polri yang terlibat dalam pengamanan ini terdiri dari personil Polda Kalbar, Sat Brimob Polda Kalbar, Makorem 121/Abw, Kodim 1205/Stg, Pores Sintang, Polres Melawi, Yonif RK 644/Wls, Yonif 642/Kps, Yon Armed 16/Komposit.

Hadir dalam apel gelar pasukan pengamanan tersebut Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Imam Sugianto, Komandan Korem 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Kasi Intel Korem 121/Abw, Kolonel Inf Trijoko Adiwiyono, Kasi Ops Korem 121/Abw, Kolonel Inf Asep Ahmad Hidayat, Dansat Brimob Kalbar, Kombes Pol Taufik Hidayat dan sejumlah pejabat utama lainnya. (*/ant)

Comment