Inilah Daftar Makanan Sehat dan Hemat di Tanggal Tua!

Apakah kondisi keuangan Kamu menipis mendekati akhir bulan atau tanggal tua, Gengs? Kondisi keuangan yang menipis inilah yang membuat kita sering kali mengatur anggaran hingga memangkas beberapa pengeluaran, termasuk uang untuk makan. Meski harus berhemat di tanggal tua, Kamu tetap bisa makan yang sehat kok Gengs. Apa saja ya makanan sehat dan hemat di tanggal tua?

Makanan Sehat dan Hemat di Tanggal Tua

Walau kondisi keuangan mulai menipis di tanggal tua, namun bukan berarti Kamu tidak bisa makan yang enak dan sehat. Nah, sebagai penyelamat, berikut 6 makanan sehat dan hemat di tanggal tua yang bisa Kamu jadikan pilihan. Yuk, simak satu per satu di bawah ini!

1. Roti Bakar atau Roti Lapis Isi Telur

Roti bakar bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat dan hemat di tanggal tua nih, Gengs. Dengan harga yang terjangkau, Kamu bisa membeli dengan mudah atau bahkan membuatnya sendiri. Cukup membeli roti, tambahkan selai, lalu bakar di rice cooker ataupun kuali penggorengan.

Jika bosan dengan roti bakar, Kamu bisa membuat roti lapis. Dengan begitu, menu makanan akhir bulan Kamu lebih variasi, deh. Nah, agar roti lapis Kamu enak dan lebih bergizi, jangan lupa untuk menambahkan tomat, selada, timun, serta telur dadar ataupun ceplok.

Baca Juga :  Cegah Coronavirus, Ini Tips Aman Pesan Makanan Lewat Ojek Online
Baca juga: Makanan Sehat Vs Makanan Tidak Sehat untuk Diabetes

2. Telur Rebus atau Dadar

Saat kondisi keuangan menipis, telur memang merupakan salah satu makanan yang mengandung protein sekaligus penyelamat di tanggal tua. Selain itu, telur juga bisa diperoleh dengan mudah Gengs. Kamu bisa memasak telur rebus, dadar, ataupun dengan sambal balado agar lebih nikmat.

3. Sop Sayuran

Meski harus menghemat pengeluaran di akhir bulan, bukan berarti Kamu tidak bisa makan yang enak sekaligus sehat Gengs. Jangan sampai Kamu makan mi instan terus-menerus, ya! Nah, pilihan makanan sehat dan hemat lainnya di tanggal tua ialah sop sayuran.

Kamu cukup membeli sayuran yang bisa dijadikan untuk sop, seperti kol, wortel, seledri, daun bawang, tomat, dan sebagainya. Setelah itu, rebus dan bumbui dengan garam, bawang putih, dan juga lada. Sop sayuran pun siap Kamu nikmati bersama nasi ataupun telur.

Baca juga: Hindari 8 Jenis Makanan Ini Karena Bisa Merusak Gigi!

4. Sarden

Sarden atau ikan dalam kemasan kaleng memang tidak sesegar seperti yang dijual di pasar. Namun, kandungan nutrisi dalam sarden tidak akan hilang kok Gengs. Sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk Kamu. Selain itu, iklan dalam kemasan kaleng ini mengandung vitamin B12 yang tinggi serta kaya akan vitamin dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Baca Juga :  Warna Feses Tidak Biasa, Pengaruh Makanan Atau Penyakit?

5. Smoothies

Pilihan makanan sehat dan hemat di tanggal tua lainnya ialah smoothies. Walau kondisi keuangan sedang terbatas, namun Kamu tetap harus mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah nih Gengs. Kamu bisa membuat smoothies yang nikmat dari pisang, misalnya. Seperti diketahui, pisangan mengandung serat, vitamin B6 dan C, serta potasium yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Baca juga: Cara Detoksifikasi yang Benar Menggunakan Makanan

6. Bubur Kacang Hijau

Selain kelima makanan di atas, agar tak bosan, bubur kacang hijau juga bisa menjadi makanan penyelamat di akhir bulan lho, Gengs. Kamu bisa memasak ataupun membelinya dengan harga yang terjangkau. Seperti diketahui, kacang hijau mengandung serat, karbohidrat, protein, serta sumber vitamin B yang baik untuk kesehatan otak.

Itulah keenam makanan sehat dan hemat di tanggal tua yang bisa menjadi pilihan Kamu. Jadi, menu makananmu di akhir bulan bisa berganti-ganti dan tetap enak serta sehat deh Gengs!

Referensi

WebMD. 15 Healthy Foods for About $2.

Healthline. 29 Healthy Foods That Are Incredibly Cheap.

WebMD. Why should you eat sardines?

Medical News Today. Health benefits of mung beans.

Tempo.co. Makanan Penyelamat saat Tanggal Tua, Tak Perlu Malu Mengakuinya.

Comment