by

Bisakah Vaksin Influenza Mencegah Coronavirus? Ini Menurut Ahli!

Kasus Coronavirus atau Covid-19 hingga kini terus menjadi perhatian global. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang lebih waspada untuk mencegah penularan virus tersebut. Namun, gejala infeksi coronavirus yang mirip dengan influenza membuat publik penasaran, apakah sebenarnya bisa vaksin influenza mencegah coronavirus? Yuk, ketahui faktanya menurut ahli Gengs!

Bisakah Vaksin Influenza Mencegah Coronavirus?

Seperti diketahui, saat ini memang para ilmuwan dan ahli tengah melakukan penelitian untuk menemukan vaksin yang dapat mencegah penularan infeksi coronavirus. Namun, ada anggapan yang beredar di masyarakat bahwa vaksin influenza dapat mencegah penularan coronavirus.

Lantas, bisakah vaksin influenza mencegah coronavirus? Ketua PP Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI) Dr. dr. Muhammad Ilyas, Sp.PD, KP, Sp.P(K) pun meluruskan kekeliruan tersebut. Menurut dr. Ilyas, vaksin influenza tidak bisa mencegah penularan infeksi coronavirus.

“Orang-orang yang tidak maupun belum mendapatkan vaksin influenza memang akan lebih rentan terhadap penularan infeksi virus atau tertular penyakit. Namun, vaksin ini bukan mencegah coronavirus karena sifatnya hanya menjaga tubuh dari virus influenza,” jelasnya dalam media briefing Manfaat Vaksinasi Influenza bersama Sanofi Pasteur, Rabu (4/3) di Jakarta.

Dokter Ilyas menambahkan memang belum ditemukan vaksin yang dapat mencegah penularan infeksi coronavirus. Meski begitu, ada cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh dari penularan virus tersebut, seperti memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat, minum air yang cukup, serta beristirahatlah dengan cukup.

“Biasakan juga untuk sering membersihkan atau mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun atau gunakanlah alat pelindung seperti masker yang benar untuk mencegah penularan virus, terutama bagi sakit, batuk, ataupun bersin,” tambah Ketua PP PERDOKHI itu.

Baca juga: Selain Masker, Inilah Alat Perlindungan untuk Mencegah Tertular Coronavirus

Mencuci Tangan dan Menggunakan Masker yang Benar

Cuci tangan yang disarankan ialah dengan air mengalir dan sabun. Usahakan pula untuk mencuci tangan beberapa kali dalam sehari. Berikut cara mencuci tangan yang benar untuk mencegah penularan coronavirus yang perlu Kamu ketahui!

  • Pertama, basahi tangan dengan air bersih yang mengalir. Matikan keran dan sabuni tangan. Sabun lebih efektif untuk menghilangkan kuman daripada menggunakan air saja saat mencuci tangan.
  • Kedua, gosok kedua tangan dengan sabun. Sabuni dan gosok bagian belakang tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku. Menggosok tangan dengan sabun dapat menghilangkan kuman dan kotoran dari kulit.
  • Ketiga, gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Kamu bisa menggosok tangan dengan sabun sambil bernyanyi “Happy Birthday” selama dua kali. Langkah ini untuk memastikan bahwa Kamu sudah cukup lama menggosok tangan dengan sabun.
  • Setelah itu, bilas tangan dengan air bersih yang mengalir. Keringkan tangan dengan menggunakan handuk yang bersih. Hal ini karena tangan yang basah akan mudah mentransfer virus.
Baca juga: Lakukan Vaksin Influenza Sebelum Traveling Akhir Tahun!

Nah, selain memperhatikan cara mencuci tangan yang benar, Kamu juga perlu mengetahui cara menggunakan masker yang benar. Jika Kamu tengah sakit, terutama mengalami gangguan pernapasan, gunakanlah masker untuk mencegah penularan virus.

Usahakanlah untuk tidak menyentuh bagian dalam masker dengan tangan. Hati-hati saat mengambil masker dari kotak pembungkus sehingga bagian dalam masker langsung menempel pada hidung dan wajah tanpa tersentuh tangan. Usahakan juga untuk mengganti masker setiap 4 jam untuk memberikan perlindungan.

Pastikanlah bagian berkawat dari masker berada di atas hidung dan bagian berkantong di bagian dalam. Jika Kamu menggunakan masker terbalik, bagian kantong untuk menampung percikan ludah saat bersin dan batuk yang mengandung virus ini tidak akan berfungsi.

Oh iya Gengs, usahakan untuk mencuci tangan sebelum melepas masker ya. Bukalah masker dari wajah, lipat dua ke arah dalam dan lipat lagi masker sebanyak dua kali sehingga membentuk gulungan kecil. Ikat gulungan masker tadi dengan tali masker dan lapisi dengan tisu atau bungkus dengan plastik sebelum dibuang ke tempat sampah.

Baca juga: Takut Tertular, Inilah Pengganti Jabat Tangan untuk Cegah Coronavirus

Nah, sekarang Kamu tahu kan kalau menurut ahli, vaksin influenza tidak bisa mencegah infeksi coronavirus Gengs. Tentunya lebih baik mencegah dengan memperhatikan pola hidup bersih dan sehat, beristirahat dan minum air yang cukup, serta seringlah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Sumber:

Ketua PP Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI) Dr. dr. Muhammad Ilyas, Sp.PD, KP, Sp.P(K) saat ditemui dalam acara Media Briefing Manfaat Vaksinasi Influenza untuk Optimalisasi Kesehatan Jemaah Haji dan Umrah, Rabu (4/3) di Jakarta bersama Sanofi Pasteur.

Comment

Terbaru