by

Inilah Cara agar Anak Menjadi Berani dan Mandiri!

Sebagai orang tua, siapa sih yang tidak ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang berani dan mandiri? Nah, agar si Kecil tangguh menjalani kehidupan nantinya, Mums tentu melatih keberanian dan kemandiriannya sejak dini. Lantas, bagaimana sih cara melatih anak agar tumbuh menjadi berani dan mandiri?

Cara Melatih Anak agar Tumbuh Menjadi Berani dan Mandiri

Melatih anak agar tumbuh menjadi berani dan mandiri tentu membutuhkan waktu dan proses. Berikut cara melatih anak agar tumbuh menjadi berani dan mandiri yang perlu Mums ketahui!

1. Tunjukkan Karakter Berani kepada si Kecil

Seperti yang diketahui, anak akan mencontoh dari apa yang dilihat atau dilakukan orang tuanya. Nah, inilah saatnya Mums dan Dads menunjukkan keberanian di depan si Kecil. Biarkan ia melihat Mums atau Dads melakukan aktivitas tertentu yang keluar dari zona nyaman.

Jika Mums tidak terbiasa menari di hadapan siapapun, termasuk si Kecil, dan merasa takut akan terlihat aneh, cobalah mulai sekarang untuk menari di depannya. Dengan begitu, si Kecil juga akan melakukan hal yang sama, yaitu berani melakukan hal-hal yang mungkin ia takuti.

2. Yakinkan si Kecil dan Bangun Kepercayaan Dirinya

Salah satu cara melatih anak agar tumbuh menjadi berani ialah dengan membangun dan menumbuhkan kepercayaan dirinya. Bantu juga si Kecil untuk mengenal dirinya sendiri. Oh iya Mums, terkadang, hal yang membuat si Kecil takut untuk melakukan sesuatu ialah karena ia merasa tidak yakin. Saat seperti ini, Mums bisa meyakinkan si Kecil agar ia bisa menjadi sosok yang pemberani.

Baca juga: Mums, Yuk Stimulasi Panca Indra si Kecil dengan Cara Ini!

3. Tantang si Kecil dan Beri Pujian

Mums bisa memberikan tantangan kepada si Kecil, sehingga ia berani untuk mencoba atau melakukan hal-hal baru yang mungkin ia takuti. Misalnya, Mums bisa menantang si Kecil untuk mencoba makanan yang belum ia cicipi, bermain bola, atau berbicara dengan teman yang tak dikenalnya di playgroup atau PAUD. Jika ia berhasil mencoba, berilah pujian dan ungkapkan rasa bangga Mums terhadapnya.

4. Kenalkan Lewat Bermain

Cara lain yang bisa Mums lakukan untuk melatih anak agar tumbuh menjadi berani dan mandiri ialah dengan bermain. Cobalah buat permainan peran dengan skenario yang berbeda-beda dan sisipkan tindakan yang berhubungan dengan keberanian. Cara ini tentu bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi si Kecil.

5 Ajarkan si Kecil untuk Bertanggung Jawab

Anak-anak tentu senang sekali bermain. Nah, Mums bisa mengajarkan si Kecil menjadi mandiri dengan memintanya membereskan mainannya sendiri setiap kali ia selesai bermain. Cara ini juga bisa mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab, lho.

Baca juga: Mums, Ajarkan si Kecil Belajar Mencintai Lingkungan

6. Biarkan si Kecil Berpikir Kritis

Agar si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, Mums tentu harus melatih si Kecil berpikir kritis dan tidak melulu mengandalkan Mums ataupun Dads. Beri si Kecil kesempatan untuk berpikir atau memecahkan masalah yang dihadapinya.

7. Jangan Memaksa si Kecil

Setelah melakukan keenam cara di atas, hal yang satu ini perlu Mums ingat agar si Kecil tumbuh menjadi berani dan mandiri. Mums perlu ingat bahwa membuat si Kecil mandiri dan berani membutuhkan waktu dan proses. Jangan paksa si Kecil menguasai banyak hal yang Mums ajarkan. Jangan pula mengkritiknya terlalu keras. Dampingi si Kecil untuk selalu bersikap berani dan mandiri.

Baca juga: Manfaat Bermain Peran bagi Tumbuh Kembang si Kecil

Itulah ketujuh cara melatih anak agar tumbuh berani dan mandiri. Selamat mencoba cara-cara di atas ya, Mums! (AS)

Sumber

Parents. Brave New Child: 8 Smart Ways to Teach Independence, Self-Confidence & Resilience.

All Pro Dad. 7 Ways to Teach Your Children to Be Brave.

Very Well Family. How to Encourage Independence in Your Child.

Comment

Terbaru