Mengapa Ibu Hamil Harus Waspada Anemia? Ini Alasannya!

Selama kehamilan, tubuh akan menghasilkan lebih banyak darah untuk mendukung perkembangan janin. Jika Mums tidak memenuhi asupan zat besi atau nutrisi tertentu, maka tubuh bisa kekurangan sel darah merah atau disebut juga dengan anemia. Meski anemia umum terjadi, ibu hamil tetap harus waspada. Mengapa demikian?

Jenis-jenis Anemia pada Ibu Hamil

Sebelum mengetahui alasan ibu hamil harus mewaspadai anemia, apakah Mums sudah tahu jenis-jenis anemia pada ibu hamil? Anemia adalah kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Kasus anemia yang ringan kerap terjadi pada ibu hamil. Namun jika anemia semakin parah dan tidak ditangani, maka dapat meningkatkan risiko komplikasi yang lebih serius. Oleh karena itu, Mums perlu mengetahui jenis-jenis anemia pada ibu hamil!

1. Anemia Kekurangan Zat Besi

Jenis anemia yang satu ini terjadi saat tubuh tidak memiliki zat besi yang cukup untuk menghasilkan jumlah hemoglobin yang memadai. Perlu diketahui bahwa hemoglobin merupakan protein dalam sel darah merah, yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Saat Mums mengalami anemia defisiensi besi atau anemia kekurangan zat besi, darah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke jaringan di seluruh tubuh. Nah, kekurangan zat besi merupakan penyebab paling umum dari anemia pada ibu hamil.

Baca Juga :  Kebiasaan Sehat saat Hamil yang Perlu Mums Lakukan
Baca juga: Seperti Apa Tempat Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua?

2. Anemia Kekurangan Folat

Seperti yang diketahui, folat merupakan vitamin yang dapat ditemukan dalam makanan tertentu, seperti sayuran berdaun hijau, yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Selama kehamilan, Mums tentu membutuhkan tambahan folat untuk mencegah jenis anemia yang satu ini.

3. Anemia Kekurangan Vitamin B12

Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Saat ibu hamil tidak mendapatkan cukup vitamin B12 dari asupan makanan, tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang cukup. Ibu hamil yang tidak mengonsumsi ayam, daging merah, telur, atau produk susu memiliki risiko lebih besar terkena anemia yang satu ini.

Baca juga: Apa Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil? Ini Pilihannya, Mums!

Mengapa Ibu Hamil Harus Waspada Anemia?

Setelah mengetahui jenis-jenis anemia pada ibu hamil, Mums mungkin penasaran, mengapa ibu hamil harus mewaspadai anemia? Mums yang mengalami anemia kekurangan zat besi dengan kasus yang parah atau tidak ditangani dapat meningkatkan risiko bayi prematur, bayi mengalami keterlambatan perkembangan, hingga depresi pasca-persalinan pada Mums.

Baca Juga :  Tetap Memesona Selama Hamil dengan Tips Perawatan Kecantikan Berikut!

Ibu hamil yang mengalami anemia kekurangan folat dan vitamin B12 dengan kasus yang parah dan tidak ditangani juga dapat meningkatkan risiko berat badan lahir bayi rendah hingga bayi mengalami cacat lahir yang serius pada tulang belakang atau otak (cacat tabung saraf).

Oleh karena itu, jika Mums mengalami anemia ringan selama kehamilan, cobalah konsumsi suplemen dengan kandungan zat besi dan asam folat sebagai tambahan untuk vitamin prenatal. Selain itu, dokter biasanya akan menyarankan untuk menambah lebih banyak makanan yang tinggi akan zat besi maupun asam folat dalam menu harian Mums.

Baca juga: 10 Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Jadi, sekarang Mums tahu kan mengapa ibu hamil harus mewaspadai anemia? Untuk mencegah bayi lahir prematur, depresi pasca-persalinan, hingga cacat lahir pada bayi, jangan lupa melengkapi nutrisi yang dibutuhkan selama hamil ya, Mums! (AS)

Referensi

WebMD. 2018. Anemia in Pregnancy.

Stanford Children’s Health. Anemia in Pregnancy.

Mayo Clinic. 2019. Iron deficiency anemia during pregnancy: prevention tips.

Comment