Versi JSI Adnan Tak Tertandingi

KalbarOnline.com, MAKASSAR — Langkah petahana Adnan Purichta Ichsan YL di Pilkada Gowa 2020 diprediksi bakal mulus. Setidaknya, hal tersebut tercermin dalam pemaparan survei terbaru Jaringan Suara Indonesia (JSI) untuk Pilkada Gowa 2020.

Survei tersebut direkam pada 13 sampai 17 Februari 2020 dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Melibatkan 800 responden yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa.

Hasilnya, tingkat pengenalan Adnan berada di posisi tertinggi dengan angka 99,2 persen. Dari jumlah tersebut, 93,9 persen di antaranya mengaku suka dengan sang petahana. Hanya 1,5 persen yang tidak suka, serta 4,6 persen yang tak menjawab.

Baca Juga :  KSP Moeldoko Sebut Festival Cap Go Meh Singkawang Telah Mendunia dan Tercatat di UNESCO

“Pasangan Adnan, Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio menempati posisi kedua untuk tingkat pengenalan tertinggi dengan 78,1 persen. Amir Uskara di posisi ketiga dengan 64,5 persen serta Darmawangsyah Muin di posisi keempat dengan tingkat pengenalan mencapai 42,3 persen,” ungkap Direktur Eksekutif JSI, Fajar S Tamin, Rabu, 4 Maret 2020.

Kata Fajar, jika Pilkada Gowa 2020 digelar pada saat survei direkam, maka dengan pertanyaan terbuka (top of mind), Adnan unggul dengan tingkat keterpilihan mencapai 62,9 persen. Kedua, Amir Uskara dengan 3,3 persen, disusul Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio dengan 1,2 persen, serta Darmawangsyah Muin dengan angka 1,1 persen.

Baca Juga :  Pimpinan KPK Klaim Independensi Tidak Tergerus Meski Pegawai jadi ASN

Responden yang tidak menjawab, tidak tahu, serta belum memutuskan sebesar 29,3 persen.

“Sementara kalau pertanyaan tertutup, tingkat elektabilitas Adnan makin naik dengan tingkat persentase mencapai 77,5 persen. Kedua, Amir Uskara dengan 7,9 persen. Disusul Darmawangsyah Muin dengan angka 3,0 persen. Ada pun sampel yang tidak tahu dan belum memutuskan sebesar 6,6 persen, serta yang belum menjawab sebesar 1,2 persen,” urai Fajar.

Ada pun wawancara tatap muka responden dalam survei ini menggunakan kuesioner dengan margin of error kurang lebih 3,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (bay)

Comment