Sekda Sekadau Tutup Festival Seni Penutupan Bulan Maulid

KalbarOnline, Sekadau – Sekda Sekadau, Drs. H. Zakaria resmi menutup Festival Seni Kegiatan Penutupan Bulan Maulid (FSKPBM) yang digelar Majelis Ta’lim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Sekadau yang dilangsungkan di Keraton Kusumanegara Sekadau, Senin (2/3/2020).

Dalam sambutannya, Sekda Zakaria mengatakan festival tersebut merupakan upaya pelestarian adat dan budaya. Hal itu menurutnya, sangat penting bagi generasi yang akan datang, karena budaya merupakan khasanah yang harus tetap dijaga dan terus dilakukan dan merupakan identitas suatu daerah dan bangsa.

“Seperti yang dilakukan oleh panitia dan sinergisitas antar organisasi kemasyarakatan seperti MTAMT, MABM dan BKMT Sekadau untuk menyelenggarakan festival ini tentu wajib kita aprsiasi. Apalagi ini adalah agenda even budaya yang telah terselenggara setiap tahun,” ujarnya.

Festival ini, kata dia, tidak saja meriah, namun juga menampilkan khas dan menarik, yang menampilkan kreativitas masyarakat Melayu dan juga ada beberapa perlombaan yang menampilkan syiar agama Islam. Kemudian pertunjukan seni dan budaya dari masing-masing daerah yang berada di setiap kecamatan menjadi salah satu magnet untuk tetap berkunjung ke komplek Istana Kusumanegara Sekadau.

Baca Juga :  Proses Pembuatan Gula Aren di Desa Semabi Masih Tradisional

“Untuk itu, saya ingin menyampaikan ucapan selamat, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, para camat, para seniman dan budayawan, serta kepada segenap masyarakat Sekadau atas terselenggaranya “festival seni kegiatan penutupan bulan maulid” yang meriah dan penuh makna ini. Semoga upaya semuanya dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian dan budaya ini merupakan wujud partisipasi, wujud kebersamaan guna membangun masyarakat Sekadau yang hebat dan bermartabat melalui bidang seni, budaya dan pariwisata. Kepada para pemenang berbagai perlombaan yang dilakukan penilaian dan merebutkan juara di setiap lomba saya ucapkan selamat,” tandasnya.

Baca Juga :  Akui Sebagai Parpol Pendatang Baru, Perindo Sekadau Optimis Capai Target di Pileg 2019

Seperti diketahui Majelis Ta’lim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) bersama BKMT Kabupaten Sekadau menggelar Festival Seni Kegiatan Penutupan Bulan Maulid sebagai kegiatan penutup perayaan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam tahun 1441 Hijriah yang dilangsungkan di Keraton Kusumanegara Sekadau. Festival yang berlangsung sejak 29 Februari hingga 2 Maret 2020 ini diisi berbagai kegiatan di antaranya Saraful Anam, Syaraqal, Tausiyah, Shalawat, Seni Tari Hadrah, Syair Melayu dan lomba Zapin.

Turut hadir dalam penutupan festival itu Raja Kusumanegara, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau, Pabung Kodim 1204/Sanggau, Kasat Binmas Polres Sekadau, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sekadau, Camat Sekadau Hilir, Kapolsek Sekadau Hilir, Ketua PHBI Sekadau, sejumlah Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama serta lapisan masyarakat lainnya. (Mus)

Comment