Categories: Nasional

Politikus PAN Ungkap Ada Pihak yang Minta Rahasiakan Wabah Corona

KalbarOnline.com, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mempertanyakan alasan dua warga Depok yang terjangkiti virus corona tidak segera diungkap ke publik, tetapi justru ada pihak yang mengaku orang Kementerian meminta pejabat setempat merahasiakan temuan tersebut.

Saleh mengatakan, pemerintah jangan menutupi semua informasi terkait korban virus Covid-19 tersebut. Pasalnya, masyarakat berhak untuk mendapatkan informasi benar dan faktual. Begitu juga informasi tentang proses penularan dan cara mengatasi agar tidak tertular.

“Ini kan ada informasi bahwa Pemkot Depok sempat diminta merahasiakan temuan kasus corona. Apa maksud dari permintaan untuk merahasiakan tersebut? Bukankah semakin ditutupi akan semakin berbahaya?” ucap Saleh kepada jpnn.com (grup fajar.co.id), Selasa (3/3).

Politikus PAN itu mengatakan bahwa pemerintah tidak perlu menutupi informasi terkait penularan penyakit ini di tanah air. Malah sebaliknya, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk segera memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Targetnya adalah agar masyarakat bisa menghindarkan diri dari penyebaran virus tersebut,” tutur legislator asal Sumatra Utara ini.

Kalau sosialisasinya bagus, tambahnya, masyarakat diyakini tak akan takut. Publik juga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan. Bahkan, semua pihak dengan mudah bisa diajak bersama-sama untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Kata ahli, penyakit ini kan hanya akan mudah menyerang mereka yang kekebalan tubuhnya rendah. Karena itu, semuanya bisa diajak untuk mengupayakan peningkatan kekebalan tubuh,” tandasnya. (jpnn/fajar)

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

PN Ketapang Menangkan PT CMI pada Perkara Tumpang Tindih WIUP di Desa Karya Baru Kecamatan Marau

KalbarOnline, Ketapang - Pengadilan Negeri (PN) Ketapang akhirnya memenangkan pihak PT Cita Mineral Investindo (CMI)…

4 hours ago

Wakili Bupati Ketapang, Absalon Buka Workshop Teaching Factory Politap di Asana Nevada

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati Ketapang, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia,…

4 hours ago

Kenang Jasa Para Pahlawan, Farhan dan Forkopimda Ketapang Ziarahi Taman Makam Pahlawan Tanjungpura

KalbarOnline, Ketapang - Usai mengikuti upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Wakil Bupati Ketapang, Farhan bersama…

5 hours ago

Pj Bupati Romi Tinjau Persiapan Operasionalisasi SPBU OSO di Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya meninjau langsung persiapan operasionalisasi…

5 hours ago

Polres Kapuas Hulu Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan di Kecamatan Pengkadan

KalbarOnline, Putussibau - Rekonstruksi kasus pembunuhan yang menggemparkan publik Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu berlangsung…

5 hours ago

Lewat PGD 2024, Harisson Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Dayak

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak (PGD) Kalimantan Barat ke-XXXVIII Tahun 2024 di Rumah Radakng…

5 hours ago