Malaysia Tertarik dengan Beras Sulsel

KalbarOnline.com, MAKASSAR– Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar melakukan kunjungan ke Sulawesi Selatan. Salah satu agendanya adalah melakukan pertemuan dengan Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (03/03/2020).

Dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak saling menjajaki kerja sama. Sulsel misalnya menawarkan berbagai program investasi ke Malaysia.

“Ini untuk melihat peluang dan mempererat kembali silaturahmi. Khususnya investasi dan sebagainya seperti pertukaran pelajar.
Kita tawarkan proyek infrastruktur seperti tol Mamminasata dan investasi rumah sakit jantung,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga :  KKN Kebangsaan 2023, Sekda Kalbar Janjikan Pengalaman Berharga Bagi Mahasiswa

Sementara, Dubes Malaysia, Datuk Zainal Abidin Bakar menyebutkan pihaknya tertarik dengan surplus beras di Sulsel. Terlebih selama ini, Malaysia masih mengimpor kebutuhan beras.

“Kami baru tahu, kalau Sulsel ternyata memasok beras beberapa wilayah di Sulsel. Nanti setelah kembali ke Malaysia akan saya sampaikan, semoga bisa diekspor dari Sulsel,” kata Zainal Abidin.

Tak hanya bidang perdagangan, di Sulsel kata Zainal ada sekitar 156 pelajar Malaysia yang menimbah ilmu di beberapa universitas. Yang terbanyak di bidang kedokteran.

Baca Juga :  Setop Sampah Plastik, Pemprov Kalbar Kampanyekan Penggunaan Tumbler di Momen HSPN 2024

Pihak Malaysia juga akan melakukan pameran pariwisata dengan menghadirkan 21 pengusaha. Pameran ini juga dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di tengah merebaknya virus Corona.

“Kita menghadapi virus Corona, tapi masih terkawal. Sekarang ada 26 kasus, sudah ada 18 yang sudah diobati. Hanya sisa 4 itupun wanita Jepang. Kita juga hadapi masalah penurunan sektor pariwisata,” tutupnya. (MG03)

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin usai pertemuan dengan Wagub Sulsel. (Fajar/Mirsan)

Comment