by

Review Honor Magic Watch 2 : Smartwatch Tangguh Standar Militer Desain Millenial

Smartwatch saat ini telah menjadi perangkat yang sedang tren dan cukup populer dari beragam kalangan. Selain karena bisa difungsikan untuk menunjukkan waktu, perangkat ini juga mampu dijadikan sebagai alat informasi kebugaran penggunanya. Namun, berbeda dari beberapa versi jam tangan pintar di pasaran. Honor Magic Watch 2 memberikan nilai lebih dari sekedar smartwatch dan alat kebugaran.

Bisa dibilang Honor Magic Watch 2 adalah jam tangan pintar yang memiliki beberapa kelebihan melalui fungsi di dalamnya. Namun harus tetap diingat, bahwa perangkat ini bukanlah smartphone yang harus ditimbang dari sisi spesifikasi. Ada dua varian yang dirilis oleh Honor dalam satu seri ini, yakni versi Honor Magic Watch 2 dengan diamater 42mm dan 46mm.

Honor Magic Watch 2 adalah smartwatch penerus dari generasi Watch Magic pertama yang telah resmi dirilis di Tanah Air beberapa waktu lalu. Meski desainnya terbilang sangat mirip dengan seri terdahulunya, namun ada beberapa perbedaan yang cukup kental dan terlihat lebih maju dibanding dengan seri sebelumnya yang telah diuncurkan perusahaan.

Kali ini, redaksi KalbarOnline.com kebetulan mendapatkan produk review Honor Magic Watch 2 dengan varian 46mm yang hadir dengan tali pengikat berbahan sejenis kulit. Penasaran dengan ulasan produk yang kabarnya ditargetkan untuk menyasar pengguna muda ini. Simak ulasannya!

Desain

Bila sekilas melihat tampilan fisik perangkat, bisa dibilang memang kurang signifikan perbedaan antara versi kedua dan pertama dari keluarga seri Homor Magic Watch ini. Keduanya masih menggunakan desain jam tangan melingkar tradisional, hanya keduanya memiliki diameter yang berbeda. Jika versi pertama menggunakan diamater 40mm, maka seri kedua ini menawarkan dua varian, versi 42mm dan 46mm lebih optimal untuk menyajikan informasi di dalamnya.

Jam tangan bundar berdesain tradisional ini perlu diakui sepadan dengan balutan tali jam yang terbuat dari bahan sejenis kulit, membuatanya terkesan berkelas dan trendi. Bodi jam sendiri dibuat dari bahan stainless steel, menambah kesan mewah perangkat namun tetap terlihat kokoh. Dimensinya tidak terlalu tebal hanya sekira 1,39 inci.

Untuk bodi jam tangan pintar ini sendiri terbuat dari besi stainless steel yang biasanya lebih tahan karat. Jadi tak perlu kuatir dengan seringnya perangkat terkena air atau keringat sendiri, tidak akan merusak penampilan dalam penggunaan yang cukup lama. Hiasan tombol pengaturan perangkat dapat difungsikan pengguna untuk memilah sederet menu di dalamnya, selain layarnya sendiri bisa dioperasikan dengan sistem sentuh.

Bagian tali pengikat jam yang dibuat dari bahan sejenis kulit, terasa elegan dengan desain bodi jam itu sendiri. Namun kami sarankan, meski jam ini kuat bertahan terhadap cipratan air bahkan hingga di bawa berenang sekalipun, ada baiknya saat bersentuhan dengan air jam sebaiknya dilepas. Hal ini untuk mengurangi tingkat kelembapan tali pengikat jam ini sendiri.

Layar

Perbedaan lainnya yang diperbaiki dari seri ini adalah penggunaan layar yang lebih maju, selain memiliki ukuran lebih lebar lainnya adalah fitur teknologi yang ditanamkan perusahaan. Honor Magic Watch 2 sudah dibekali dengan layar sentuh jenia AMOLED 2.5D, mendukung resolusi 454 x 454 piksel dengan kerapatan mencapai piksel hingga 326 ppi. Dukungan ini sangat membantu untuk menginformasikan saat penggunaan di luar ruangan, terutama dalam pantulan cahaya matahari yang menyengat. Visual gambar yang diberikannya terlihat superior dan nyaman diliat. Hal ini bisa dirasakan saat pengguna menerapkan beberapa tema jam apapun.

Animasi gambar dari jam tangan ini terlihat sangat user friendly, jadi meski terlihat sangat modern namun pengguna tidak akan bingung dalam pemakaiannya. Pengguna bisa mengatur tema jam dari template yang telah disediakan, ada beragam tema pokok untuk informasi waktu baik putaran jam dengan jarum, hingga waktu dengan angka digital. Namun setiap tema yang dipilih ada ikon informasi lainnya yang menjadi penyanding putaran jarum jam atau angka digital ini.

Ikon yang disandingkan tersebut berbeda-beda sesuai dengan fungsinya, seperti ikon sepatu menandakan berapa jumlah langkah yang sudah dilakukan pengguna. Ada juga tema yang menerapkan dengan ikon stopwatch maupun waktu pergerakan tubuh. Namun yang kami senangi adalah informasi dari ikon untuk pergerakan yang memaksa pengguna untuk bangun dari duduk yang telah dilakukannya dalam jangka waktu lama. Informasi ini akan tampil dengan ikon orang bergerak berwarna hijau beriring dengan getaran jam sebagai pengingat. Keren! Jadi kami tau berapa lama telah duduk diam di bangku dan mengingat sendi yang sudah mulai kaku.

Performa

Sebagai sebuah smartwacth, Honor Magic Watch 2 mampu membuktikan kekuatiran kami terhadap pemakaian baterai yang relatif cukup lama dan biasanya ‘mengancam’ perjalanan hidup perangkat teknologi saat penggunaan. Dalam pengujian pemakaian kami, smartwatch ini bisa sangat diandalkan bila dibandingkan dengan banyak ‘merek’ lainnya di pasaran, bahkan bila dibandingkan dengan ‘saudara kandung’ yang dari satu keluarga seri dan hanya dibedakan dimensi bodi. Dalam pemakaian seri ini bisa digunakan hampi 14 hari pemakaian setelah full charge, hal ini digunakan meski masih dalam koneksi tersambung dengan smartphone atau sesekali memutar musik MP3.

Di sisi performa, mungkin salah satu yang juga patut dipertimbangkan adalah perihal kekuatan perangkat terhadap debu dan air. Dalam tes ini, redaksi mencoba melakukan beberapa ujian perangkat dengan menenggelamkannya di dalam gelas, serta melakukan kucuran ari secara langsung dari keran dalam periode waktu 15 menit. Hasilnya menunjukkan bahwa perangkat masih bisa bekerja dengan baik, semua fitur masih berjalan dengan normal tanpa kendala. Hanya saja, kemungkinan di saat basah penggunaan layar sentuh masih sedikit kurang respontif, hal ini bisa kemungkinan masih adanya tetesan air yang menjadi gangguan titik sentuh perangkat.

Sebagai informasi, Honor Magic Watch 2 memiliki sudah disertifikasi ketahanan air 5 ATM yang menandakan bahwa perangkat bisa bertahan dalam pemakaian air di kedalaman hingga 50 meter. Sehingga tak perlu kuatir untuk membawanya berenang, namun untuk penggunaan di air laut mungkin bisa lebih diperhatikan karena tingkat kandungan garam yang tinggi akan mempengaruhi perangkat ini.

Fitur

Selain sebagai penunjuk waktu Yang fashionable, perangkat ini juga bisa membutikan sebagai perangkat kebugaran yang bisa diandalkan. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui denyut jantung, gerak langkah yang telah dilakukan, berapa banyak kalori yang telah terbakar. Serta informasi perihal kesehatan lainnya, termasuk notifikasi untuk Anda bergerak bila sudah dalam posisi duduk atau diam dalam jangka waktu lama.

Saat disambungkan dengan smartphone, pengguna bisa memanfaatkannya melalui aplikasi Huawei Health untuk menjadikan perangkat sebagai perangkat komunikasi tambahan. Melaluinya, pengguna bisa melakukan pengaturan Fitness Data, Pengaturan penambahan tema antarmuka jam, juga bisa untuk pengaturan Huawei Trusleep, Continous Heart Rate Monitoring, Automatic Stress Test dan Alarm notification. Selain itu, dengan ketersambungan ini, pengguna juga bisa memantau adanya pesan masuk baik SMS, WhatsApp, Email maupun telepon masuk dan keluar.

Honor Magic Watch 2 dibekali dengan speaker dan Mic Audio yang memungkinkannya untuk melakukan panggilan langsung dari jam tangan pintar ini. Bahkan, dilengkapi dengan memori internal kapasias 4GB bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan sebanyak kurang lebih 500 lagi jenis MP3 dan memutarnya langsung di perangkat. Hanya sayangnya, suaranya sedikit cempreng butuh perangkat Headset Bluetooth untuk bisa mendengarnya lebih baik dan personal.

Value for Money

Magic Honor Watch 2 sejatinya telah mampu memberikan nilai lebih dari sekedar perangkat jamtangan pintar belaka, fitur dan penampilannya bisa memberikan nilai lebih kepada pengguna. Dibanderol dengan harga IDR2,5 jutaan smartwatch ini menjadi rekomendasi terbaik yang patut diperhitungkan. Fitur kebugaran, kekuatan bodi dan penampilannya yang fashinable sangat memberikan keuntungan lebih.

The post Review Honor Magic Watch 2 : Smartwatch Tangguh Standar Militer Desain Millenial appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

Terbaru