Bupati Rupinus dan Puluhan Pastor Hadiri Syukuran Dua Imam Baru Pasionis di Mondi

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus menghadiri acara syukuran dua imam baru pasionis yakni Pastor Damaskus Damas, CP dan Pastor Antonius Bulau, CP di Dusun Mondi, Desa Mondi, Kecamatan Sekadau Hulu, Sabtu (29/2/2020).

Dusun mondi merupakan tempat kelahiran kampung halaman Pastor Damas. Pastor Damas dan Pastor Bulau baru ditahbiskan oleh Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Yulius Mencucini, CP pada Jumat 27 Februari 2020 di mega tenda Paroki Hati Kudus Yesus Rawak kemarin.

Hadir langsung dalam acara syukuran dua imam baru ini, Pimpinan provinsial pasionis Indonesia Pastor Nikodemus Jimbun, CP, Pastor Ketua Dekenat Salib Suci Sekadau Pastor Kristianus CP, Pastor Paroki Rawak Pastor Toni Kema, CP, Pastor Valentinus Saeng, CP, Pastor Nikodemus, CP, Pastor, David, CP, Pastor Petrus, CP, Pastor Martin, CP, Pastor Rusli, CP, Pastor Titus, CP, Pastor Aga, CP, Para Suster, Frater dan Bruder. Hadir juga sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Asisten 1, Kepala Dinas Perkim, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Kepala Dinas Sosial, Kepala BKPSDM, Pejabat yan mewakili Kadis Capil, Pejabat yang mewakili Kadis Kesehatan, Camat Sekadau Hulu, Kepala Desa Mondi, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, undangan lainnya.

Kedatangan dua imam baru pasionis, Bupati, para pastor, camat, suster, frater dan bruder serta udangan disambut meriah oleh umat dan masyarakat desa mondi. Ada beberapa prosesi adat yang telah telah disiapkan oleh masyarakat desa mondi untuk menyambut Pastor Damas dan Pastor Anton, diantaranya, pomang (doa) selamat datang, dilanjutan dengan pengalungan Sal Kepuak dirangkai dengan pemasangan tanggui kepada dua imam baru, Bupati, Pimpinan Provinsial, Pastor Ketua Dekenat Salib Suci Sekadau dan Pastor Petrus. (Pastor Petrus asal Italia ini sebelumnya lama menjabat sebagai pastor kepala Paroki Rawak. Sekarang Pastor Petrus bertugas di Paroki Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat).

Baca Juga :  Resmikan Gereja St Mikael Pantok, Ini Pesan Bupati

Seusai acara pengalungan sal dilanjutkan dengan acara pengguntingan pita oleh Bupati Sekadau tanda memasuki wilayah adat. Setelah pemotongan pita ooleh Bupati, rombongan disugugkan dengan minum tuak adat yang telah disediakan oleh masyarakat desa Mondi. Setelah itu dua imam baru, pastor, bupati dan rombongan menyalami satu persatu masyarakat desa mondi yang telah membentuk barisan penyambutan. Usai memberikan salaman kepada masyarakat, acara dialanjutkan dengan pancong buluh muda. Pancong buluh muda ini dilakukan langsung oleh Pastor Damaskus Damas, CP. Pancong buluh muda diartikan sebagai pembukaan lawang (pintu) langit. Setelah pancong buluh muda dilanjutkan dengan acara adat dibale penanti. Ada beberapa acara adat yang dilakukan di bale penanti untuk menyambut Pastor Damas dan pastor bulau ini. diantaranya abur beras kuning, nijak bombang tangga, naik bale penantik disertai dengan menari, tempayan adat, nimbak menara, nyelobar, nigas tempayan adat, muka untudong. Seusai prosesi adat dua imam baru dipersilahkan minum tuak adat yang telah disediakan di tempayan, demikian juga dengan Bupati, para pastor, camat dan tamu undangan setelah itu dilanjutkan dengan menikmati hidangan.

Baca Juga :  Penggunaan Telok Belanga Terbanyak Tercatat Sebagai Rekor MURI, Bupati Rupinus: Sejarah Baru Sekadau

Setelah acara dibale penanti selesai, rombongan meninggalkan bale penanti dan dilanjutkan lagi dengan acara penyambutan di rumah kediaman Pastor Damas.

Penyambutan dilakukan dengan prosesi adat tabur beras kuning, injak tanah, injak telur, injak air dan injak batu, termasuk para pastor, Bupati dan udangan lainnya juga. Usai acara penyambutan dilanjutkan dengan acara makan bersama dan minum tuak adat. Ini serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam acara syukuran dua imam baru di dusun mondi kecamatan sekadau hulu, Sabtu 29 Februari 2020 kemarin. Dan pada Minggu 1 Maret 2020 akan dilanjutkan dengan acara Misa Perdana Imam Baru Pastor Damas dan Pastor Anton di Gereja katolik Stasi Mondi. Puluhan Pastor termasuk pastor Pimpinan Pasionis Provinsi Indonesia Pastor Nikodemus Jimbun, CP akan mendampingi pastor damas dan pastor Anton dalam perayaan misa perdana ini. Proficiat Pastor Damas dan Pastor Anton. (Mus)

Comment