Serap Aspirasi Warga, Angeline Fremalco Reses di Pakumbang

KalbarOnline, Landak – Seluruh anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat kini tengah memasuki masa reses. Masa perhentian sidang ini pun dimanfaatkan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Angeline Fremalco untuk menyerap aspirasi warga di daerah pemilihannya, Kabupaten Landak.

Reses tahap I kali ini dilakukan Angel, sapaan akrabnya, di Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak. Dalam kesempatan tersebut, Angel menampung banyak sekali usulan masyarakat, mulai dari percepatan pembangunan, pemerataan pendidikan, perbaikan layanan kesehatan dan sejumlah aspirasi lainnya.

“Ini (reses) merupakan forum pertemuan di dapil antara saya sebagai Anggota DPRD Kalbar dengan masyarakat. Di mana warga saling berinteraksi dan berdialog guna menyampaikan aspirasinya,” kata Angel di Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak, Jumat (28/2/2020).

Baca Juga :  Kapolsek Bersama Seluruh Kades se-Kecamatan Menjalin Serukan Deklarasi Damai Pemilu 2019

Sebagai wakil rakyat, kata Angel, Anggota DPRD memang berkewajiban untuk menyerap, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Selain karena telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, reses yang dilakukan anggota DPRD juga dalam rangka memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan.

Baca Juga :  Awal November 2020, Bupati Landak Lantik Lima Pejabat Administrator

Ketua Komisi I DPRD Kalbar ini menambahkan, aspirasi yang disampaikan oleh konstituennya akan Ia laporkan dalam rapat paripurna DPRD. Di rapat paripurna DPRD nanti, lanjut dia, hasil reses tersebut akan diberikan kepada Gubernur Kalbar untuk dijadikan acuan penyusunan RKPD, sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Hasil reses tahap I ini nantinya akan saya laporkan dalam rapat paripurna DPRD, dengan harapan dapat ditindaklanjuti oleh kepala daerah,” tutup ibu tiga anak tersebut. (Fai)

Comment