Lagi, Damkar Makassar Juara Umum Skill Competition Tingkat Nasional

KalbarOnline.com, MAKASSAR — Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar kembali membawa nama harum kota Makassar di kancah nasional. Untuk kedua kalinya secara berturut-turut, mereka berhasil keluar sebagai juara umum pada ajang Skill Competition yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri pada momentum Peringatan HUT pemadam kebakaran ke-101, di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Skill Competition digelar selama tiga hari mulai tanggal 27 sampai dengan 29 Februari 2020 dan diikuti oleh 49 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia. Beberapa cabang yang diperlombakan yaknk survival (kemampuan bertahan), ladder pitching (ketangkasan menggunakan tangga), dan hose laying (ketangkasan menggelar selang dan menyemprot).

Dalam kompetisi tahun ini, Damkar Makassar dinyatakan sebagai juara umum dengan meraih medali emas. Damkar Makassar dinyatakan sebagai juara umum setelah mencatatkan total poin sebanyak 5.693 atau tertinggi dari seluruh peserta lainnya.

Baca Juga :  Selain Mendatangkan Kekayaan Berlimpah, Inilah Manfaat Membaca Surah Al Waqiah

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb yang hadir menyaksikan langsung perjuangan tim Damkar Makassar menyampaikan rasa kagum dan apresiasinya atas pencapaian tersebut.

“Tentu saja ini sangat membanggakan. Saya hadir melihat mereka bertanding. Mereka telah menunjukkan semangat Makassar yang begitu kental, nyali yang kuat dan tentu saja kemampuan profesional yang teruji. Insya Allah, prestasi ini menjadi trigger dalam mengembang tugas dimasa mendatang. Sekali lagi selamat untuk tim Damkar Makassar” ujar Iqbal usai menerima piala penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada acara Gala Dinner HUT Damkar dan Penyelamatan ke 101 tingkat nasional Tahun 2020 di hotel Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (29/2/2020).

Selain itu, Iqbal juga mengingatkan kepada seluruh tim Damkar Kota Makassar untuk tidak lengah dan tetap waspada terhadap segala kemungkinan bencana yang setiap saat bisa terjadi.

Baca Juga :  11 Ahli Waris Korban Sriwijaya Air Dapat Santunan Rp 1,25 Miliar

“Prestasi yang kita raih hari ini tentu saja jangan membuat kita lengah. Ujian sebenarnya ketika kita berhadapan dengan situasi bencana di tengah masyarakat, bagaimana kita bertindak cepat menyelamatkan nyawa manusia, meminimalisir korban, baik itu korban jiwa maupun materi, dan itu kadang nyawa kita ikut dipertaruhkan. Makanya kami ingatkan, tetap waspada, tingkatkan terus kemampuan untuk menjaga warga kita” lanjut Iqbal.

Sementara itu di tempat yang sama, Plt Kepala Damkar Kota Makassar, Taufik Rachmat menyambut gembira atas prestasi anggotanya ditingkat nasional.

“Ini juara umum yang kedua kalinya secara berturut-turut. Tahun lalu kita juga meraihnya di momentum yang sama. Padahal tim lain juga begitu kompak dilapangan, namun Alhamdulillah tim kita berhasil mengatasi. Saya sangat bangga kepada mereka, dan semoga ini semakin menambah motivasi saat kita bekerja di tengah situasi bencana,” ujar Taufik. (rls)

Comment