Buka Penilaian Lomba Desa di Tapang Semadak, Aloy : Monitor Perkembangan Desa

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius secara resmi membuka penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau di Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Jumat (28/2/2020).

Dalam sambutannya, Wabup Aloysius mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan amanat peraturan perundang-undangan. Dikatakannya, penilaian lomba desa juga menjadi sarana untuk mengevaluasi dan monitoring perkembangan status kemajuan sereta kemandirian desa di Sekadau.

“Pelaksanaan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan didasarkan atas data dengan menggunakan instrumen pemantau dan instrumen pengungkap data serta nilai perkembangan desa atau kelurahan,” kata Aloy, Jumat (28/2/2020).

Adapun instrumen pemantau, yaitu data dasar, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Aloy mengatakan, perlombaan desa dan kelurahan berdasarkan pada hasil penilaian seta tambahan syarat, yakni memiliki profil desa 2 tahun terakhir.

Baca Juga :  Bupati Hadiri Natal Bersama Keling Kumang Group

“Kemudian memiliki peraturan desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa),” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sekadau itu.

Aloy mengungkapkan, penilaian lomba desa mencakup beberapa aspek, diantaranya segi perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan serta laporan dan evaluasi pembangunan di desa tersebut. Ia mengatakan, setiap ajang perlombaan tentu diharapkan bisa mendapatkan prestasi.

“Namun, perlu kita sadari bahwa juara bukanlah satu-satunya tujuan dari perlombaan. Paling terpenting dari hal itu adalah bagaimana berkelanjutan program ini dapat dijadikan sebagai program bagi pemerintah desa dan masyarakat sehari-hari agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan,” tutur Aloy.

Baca Juga :  Mahasiswa Sekadau di Pontianak Audensi Dengan Wabup Sekadau

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiwan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kristina Rupinus, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, Camat Sekadau Hilir, Kapolsek Sekadau Hilir, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sekadau Hilir serta sejumlah kepala desa di Kecamatan Sekadau Hilir, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat. (Mus)

Comment