Wabup Aloysius Buka Penilaian Lomba Desa di Sungai Ayak

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius membuka penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau tahun 2020 di aula kantor Desa Sungai Ayak Dua, Kecamatan Belitang Hilir, Rabu (26/2/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti, beberapa perwakilan Kepala Dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau, Forkompimka Belitang Hilir, Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta masyarakat lainnya.

Wabup Aloysius dalam sambutannya menyatakan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang salah satu amanatnya yakni kegiatan lomba desa.

“Maka dari itu, rangkaian kegiatan lomba desa yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya mewujudkan amanat tersebut,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Aloy, penilaian lomba desa juga sebagai sarana untuk memantau serta memonitoring sampai sejauh mana perkembangan status kemajuan dan kemandirian desa di Kabupaten Sekadau. Di mana hal ini juga sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 2 tahun 2016 tentang indeks desa membangun.

Baca Juga :  Hari Kedua di Lombok, Dekranasda Sekadau Kunjungi Pengrajin Anyaman di Wahana Bambu Wilis

“Dalam setiap ajang perlombaan tentu kita semua berharap untuk dapat meraih prestasi, namun kita perlu kita sadari bahwa juara bukanlah satu-satunya tujuan dari perlombaan namun yang terpenting dari hal itu adalah bagaimana keberlanjutan program ini dapat dijadikan sebagai program bagi pemerintah desa dan masyarakat sehari-hari, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat didesa tersebut dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan,” tukasnya.

Orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari ini juga meminta semua OPD di Kabupaten Sekadau saling bekerjasama dalam mendukung pembangunan di Sekadau selain fokus pada pembangunan fisik, Pemkab Sekadau juga memprioritaskan pada peningkatan SDM dan meningkatkan peradaban, harkat dan martabat masyarakatnya. Intinya, Wabup Aloysius mengharapkan support dari semua stakeholder, sehingga upaya membangun dan peningkatan adat budaya agar selalu terwujud. Dengan tercapai kesejahteraan masyarakat, serta selalu mengikutsertakan seluruh komponen masyarakatnya.

“Gunakan dana desa dan ADD sebaik-baiknya untuk kemajuan masyarakat dan Desa Sei Ayak dua,” pesannya.

Sementara Kepala Desa Sungai Ayak Dua, Jumadi melaporkan bahwa pihaknya sangat berbahagia karena Desa Sungai Ayak dua yang dipimpinnya dijadikan pusat lomba desa yang kedua kalinya se-Kabupaten Sekadau.

Baca Juga :  Sutarmidji Lantik Aron-Subandrio: Minta Fokus Tangani Covid

“Tahun ini saya berharap agar bisa mendapatkan juara. Kami mohon, agar Pemerintah Kabupaten Sekadau khususnya Pak Wakil Bupati Sekadau bersama Stakeholder terkait agar selalu peduli dan membangun pembangunan di wilayah kami khususnya Desa Sungai Ayak dua, Kecamatan Belitang Hilir. Dan terus membangun agar masyarakat kami bisa sejahtera, makmur, maju, mandiri dan berdaya saing sekarang,” harapnya.

Sementara Camat Belitang Hilir, Sekresno Benyamin, S.Sos mengajak masyarakat agar mampu menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik. Ia berharap, Desa Sungai Ayak Dua dapat meraih prestasi terbaik dalam penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau tahun 2020 ini.

“Kegiatan penilaian lomba desa ini bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa untuk mengevaluasi, menilai dan mendorong Pemerintah Kabupaten Sekadau guna mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya. Semua yang akan mewakili desa dinilai oleh tim penilai dari instansi terkait dan nanti hanya satu yang diambil untuk mewakili Sekadau di tingkat Provinsi Kalimantan Barat,” tandasnya. (Mus)

Comment