Sadis, Xiaomi Mi 10 Pro Menjadi Pemuncak DXOMARK

Siapa bilang kalau jagoan fitur imaging (kamera) cuma didominasi Huawei dan Samsung saja. Buktinya, performa kamera paling mantul saat ini justru dipegang Xiaomi, lewat seri barunya, Xiaomi Mi 10 Pro. Smartphone ini meraih angka 124 dalam pengujian oleh DXOMark. Angka tertinggi untuk saat ini, mengalahkan Huawei Mate 30 Pro 5G dengan skor 123, dan Honor V30 Pro di posisi ketiga dengan nilai 122.

Untuk sekadar informasi, DXOMark ini adalah lembaga partikelir yang kerjanya menguji performa kamera. Baik itu yang dipasang di smartphone maupun kamera DSLR, dan sebagainya. Mereka mengklaim bekerja independen, dan melakukan pengujian secara ilmiah, dengan dukungan peralatan penguji standar industry. Intinya mereka mau bilang, pengujian kami sahih dan valid, lho.

DXOMark rutin melakukan pengujian tipe-tipe smartphone terbaru, terutama yang menggadang-gadang kemampuan kameranya. Nah, kali ini yang masuk ke laboraturium mereka adalah Xiaomi Mi 10 Pro, yang dibekali kamera sebesar 108 Mpix. Setelah serangkaian pengujian, DXOMark mengumumkan hasilnya, Mi 10 Pro mendapat skor 124, dan berada di puncak daftar kamera smartphone yang diuji DXOMark. Paling tidak untuk saat ini.

Baca Juga :  Peneliti Ungkap Punya IPhone Lebih Mudah Dapat Pasangan

Sadis, Xiaomi Mi 10 Pro Menjadi Pemuncak DXOMARK 1

Sebagai catatan, skor 124 itu merupakan hasil dari overall test pada kamera. Merupakan kumulasi dari pengujian elemen foto (still image), yang meraih angka 134, dan elemen video yang meraih skor 104. Kalau di-break down penilaiannya, Mi 10 Pro ini kuat pada faktor exposure yang memperoleh nilai 95. Lalu pada elemen autofocus yang mendapat poin 98. Dan juga hebat untuk zoom, dengan perolehan nilai 110.

DXOMark memberi ulasan, hape ini ketika mengambil foto (still images), eksposure pada obyek yang jadi target terlihat stabil dan akurat. Punya dynamic range yang sangat bagus, dengan hanya sedikit perbedaan pencahayaan, sehingga tetap mampu menampilkan detil foto dengan baik pada area high-light maupun shadows area. Dan memiliki proses HDR yang lebih baik pada kondisi luar ruang maupun dalam ruang.

Aspek pewarnaan terlihat sempurna, yang secara umum white balance secara umum tersaji dengan akurat, baik ketika memotret di dalam ruang maupun luar ruang. Kamera Mi 10 Pro mampu menangkap detil-detil obyek dengan sempurna, yang menurut catatan pengujian, meraih predikat top skor di aspek texture foto. Detil-detil hasil pengujian bisa disimak di laman dxomark.com

Baca Juga :  Samsung Galaxy S21 Ultra Diperkenalkan, S-Pen dan Kamera Dual Zoom

Bolehlah Xiaomi berbangga hati dengan hasil ini. Yah, tidak sia-sia mereka merancang Mi 10 Pro ini dengan sungguh-sungguh. Iya, kan? Lihat saja kelengkapannya. Empat kamera di belakang, dengan yang paling besar 108 Mpix dengan lensa ISP. Ditambah satu kamera 20 Mpix di depan. Didukung dengan anti guncangan OIS. Plus fitur smart shooting, yang secara cerdas menghilangkan efek bayangan.

Sementara untuk dapur pacu, dibenamkan SoC Snapdragon 865 dengan prosesor delapan inti, yang salah satunya berkecepatan 2.84 GHz. Didukung RAM 12 GB, dan UFS 3.0 untuk transfer rate berkecepatan tinggi, hingga 730 Mbps. Fitur lainnya? Wifi 6.0, OS Android 10, NFC, dan dual speaker.

Comment