by

Koramil Nanga Taman Sosialisasikan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru

KalbarOnline, Sekadau – Koramil Nanga Taman yang dipimpin langsung oleh Danramil Nanga Taman, Pelda Martinus Marthins beserta anggota melaksanakan sosialisasi program Desa Mandiri menuju langit biru di gedung pertemuan Kecamatan Nanga Taman, Kamis (27/2/2020).

Dalam sambutannya, Danramil mengatakan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan pihaknya ini juga menghadirkan seluruh komponen masyarakat yang ada, baik Forkopimcam, pihak perkebunan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, tokoh pemuda dan seluruh Kepala desa se-kecamatan Nanga Taman, ormas, LSM dan berbagai kalangan lainnya.

Martin berharap, melalui sosialisasi program Desa Mandiri menuju langit biru ini, khususnya di Kecamatan Nanga Taman selalu terlihat langit biru dan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya ketika kemarau terlihat pekat, kemudian gelap karena banyaknya asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Inilah salah satu ide atau program yang kegiatan langit biru di Kecamatan Nanga Taman untuk mengajak kita bersama seluruh lapisan masyarakat agar kita peduli, khususnya di Nanga Taman. Menuju langit biru ini merupakan program yang sangat luar biasa dan harus didukung bersama oleh seluruh komponen maysrakat yang ada khususnya di Kecamatan Nanga Taman,” ujarnya.

Danramil mengakui di beberapa wilayah Kecamatan Nanga Taman ini sebelumnya sering terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Jika Karhutla ini terus berlanjut dan terus terjadi akan merugikan semua pihak, di antaranya dari segi penerbangan akan lumpuh, dari segi pendidikan sangat dirugikan, di mana setiap terjadi Karhutla dan kabut asap anak-anak sekolah terpaksa diliburkan, termasuk dari kesehatan dan ekonomi.

“Kita tahu dari segi kesehatan ini banyak anak-anak kita yang terserangan ISPA, kemudian ibu-ibu hamil kasihan, janinnya yang dikhawatirkan ketika lahir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu Danramil Nanga taman ini berharap sekaligus mengajak kepada seluruh komponen mayarakat untuk mendukung program Desa Mandiri Menuju Langit Biru, khususnya di Kecamatan Nanga Taman agar langit di wilayah ini terlihat biru dan indah untuk dinikmati setiap hari.

“Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang berada di Kecamatan Nanga Taman dapat bekerjasama dalam upaya mengurangi bencana kabut asap dan dapat menciptakan Desa Mandiri untuk menuju langit biru,” tandasnya.

Tampak hadir Camat Nanga Taman, Paulus Ugang, Kapolsek Nanga Taman, Ipda Didik, Forkopimcam, Kepala Desa se-Kecamatan Nanga Taman dan para tamu undangan lainnya. (Mus)

Comment

News Feed