by

Pelatihan Wirausaha Tanamkan Jiwa Entrepreneur di Kalangan Pemuda

Edi Kamtono : Jadilah Wirausahawan yang Tangguh

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar pelatihan wirausaha bagi para pemuda se-Kota Pontianak di Hotel Golden Tulip, Senin (24/2/2020). Pelatihan kewirausahaan ini digelar untuk menanamkan jiwa entrepreneur di kalangan pemuda.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi pelatihan wirausaha bagi para pemuda sebagai wujud komitmen Pemkot Pontianak di bidang kepemudaan dan kewirausahaan.

“Harapannya agar mereka menjadi wirausahawan yang tangguh dan bisa menjadi contoh bagi pemuda-pemuda lainnya,” ujarnya.

Para pemuda yang mengikuti pelatihan ini dibekali dengan berbagai materi, diantaranya manajemen, pemasaran, bagaimana memanfaatkan peluang usaha dan lain sebagainya.

“Mereka akan kita latih sehingga bisa terjun langsung dalam dunia wirausaha dan mempunyai jiwa entrepreneur,” ungkap Edi.

Wirausaha tak terlepas dari perkembangan UMKM. Menurutnya, kalau dilihat dari jumlah perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), sekitar 7 ribuan jumlah yang ada di Kota Pontianak. Meskipun diakuinya jumlah itu sangat signifikan, namun masih tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Kota Pontianak.

“Kita inginnya 20 persen dari jumlah tenaga kerja di Kota Pontianak adalah pelaku UMKM,” sebutnya.

Tidak sedikit pelaku usaha yang menggeluti UMKM. Baik itu produk-produk UMKM maupun jasa. Hal tersebut dinilainya suatu hal yang positif dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

“Untuk sektor yang banyak digeluti saat ini adalah sektor jasa dan kuliner,” pungkasnya. (jim/prokopim)

Comment

News Feed