by

Aloysius : koperasi Harus Transformasi dan Kuasai Teknologi

Buka RAT KSP CU Usaha Kita Belitang Hilir

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius secara resmi membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP ‘CU USAHA KITA’ tahun buku 2019 yang dilangsungkan di Gedung Pertemuan Umum Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Sabtu (22/02/20).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar, Anselmus, S.Sos, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Drs. H. Zakaria, M.Si, Ketua Puskopdit BKCU Kalimantan, Edi Petebang, Asisten Administrasi Umum Setda, Nurhadi, Kepala Dinas DPMPTSPTK Sekadau, Agustinus Agus.

Hadir pulaKasatpol-PP Sekadau, Yapet Simon, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sekadau, Sarno, Ketua GOW Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti, Forkopimcam Kecamatan Belitang Hilir, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, serta pengurus, pengawas dan anggota CU Usaha Kita.

Ketua Panitia kegiatan, Hermanus dalam sambutannya mengharapkan kegiatan RAT ini dapat berjalan lancar sesuai harapan, serta para pengurus agar terus meningkatkan pengetahuan manajemen dan membaca peluang pasar, sehingga dalam pengelolaan koperasi semakin lebih profesional dan proforsional serta memiliki daya saing yang handal.

Edi Petebang selaku Ketua Puskopdit BKCU Kalimantan mengatakan, rapat anggota tahunan dan tutup buku merupakan forum yang sangat penting dan tepat untuk memperluas kinerja organisasi suatu koperasi. Untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja tahun lalu. Serta untuk merumuskan dan menetapkan program kerja baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya berdasarkan asas Koperasi.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat, Anselmus, S.Sos menyampaikan RAT memiliki arti penting dan strategis sebagai wahana untuk mengevaluasi berbagai kegiatan selama setahun buku, di mana berbagai kekurangannya akan diperbaiki dan disempurnakan serta keberhasilan yang diperoleh dipertahankan bahkan ditingkatkan. Melalui RAT ini diharapkan akan muncul gagasan atau masukan dari para anggota koperasi untuk mengembangkan peran dan fungsi koperasi, sehingga tidak saja melakukan kegiatan simpan pinjam dan usaha yang berbentuk barang, akan tetapi mampu melakukan usaha lain seperti jasa dan lainnya.

“Dengan demikian KSP CU Usaha Kita akan dapat menampilkan sosok koperasi yang serba guna dan mandiri,” ucapnya.

Sementara Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dalam sambutannya mengucapkan selamat sekaligus mengapresiasi pengurus, pengawas manajemen dan seluruh anggota Kopdit CU Usaha Kita atas terselenggaranya RAT tersebut.

“Ini berarti bahwa pengurus dan pengawas sudah menunjukan kinerja yang baik, karena sudah mampu menjabarkan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang tentang perkoperasian, di mana koperasi wajib melaksanakan RAT minimal 1 (satu) tahun sekali,” ujarnya.

Menyikapi ketatnya persaingan dalam dunia usaha, terutama di era digital ini, koperasi/CU, kata Aloys, harus bertransformasi tidak hanya dalam aplikasi software terbaru tapi juga harus melakukan perubahan dalam hal manajemen dan pelayanan. Koperasi harus menguasai teknologi dengan menyiapkan sumber daya manusia yang benar-benar siap serta dituntut agar mampu berperan dan tetap eksis menjadi pilar dalam perekonomian nasional khususnya di Sekadau.

“Koperasi harus dikelola secara efektif dan efesien dengan SDM yang mempunyai kompetensi sesuai tuntutan perkembangan dunia usaha, tetapi dalam koridor koperasi dengan mempertahankan prinsip-prinsip dan jati diri koperasi,” tandasnya. (Mus)

Comment

News Feed