Hujan Disertai Angin Kencang Landa Pontianak, Dua Pengendara Dilarikan ke Rumah Sakit Tertimpa Dahan Pohon

KalbarOnline, Pontianak – Hujan disertai angin kencang landa Pontianak. Akibatnya belasan rumah rusak dan sejumlah pohon tumbang. Akibat kondisi cuaca tersebut, dua pengendara motor harus dilarikan ke rumah sakit lantaran tertimpa pohon tumbang yang dahannya patah di kawasan jalan Ahmad Yani Pontianak.

“Saat ini kedua korban tersebut sudah dirawat di rumah sakit, keduanya tertimpa pohon yang dahannya patah di kawasan Jalan Ahmad Yani Pontianak,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang turun langsung meninjau lokasi papan reklame yang tumbang di kawasan Ayani Mega Mall Pontianak persis di samping PT Taspen Persero.

Hujan Disertai Angin Kencang Landa Pontianak, Dua Pengendara Dilarikan ke Rumah Sakit Tertimpa Dahan Pohon 1

Ia menjelaskan, kedua pengendara kendaraan bermotor itu mengalami luka-luka akibat tertimpa dahan pohon yang patah di Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Baca Juga :  Menatap Kalbar 2018, Hildi Hamid Merapat ke Golkar Usai Mendaftar di PPP

“Dari pantauan saya di lapangan, satu baliho besar juga mengalami tumbang dan menimpa belasan motor yang berada di dekat baliho tersebut,” ujarnya.

Edi menambahkan, untuk wilayah lain yang terdampak akibat angin kencang tersebut, yakni beberapa pohon tumbang di sepanjang Jalan Perdana dan sekitarnya, tetapi saat ini, pohon yang tumbang tersebut sudah dibersihkan.

“Langkah ke depannya, kami akan mengevaluasi baliho-baliho besar yang ada di pinggir jalan agar ketika tumbang atau lainnya, tidak sampai membahayakan keselamatan para pengendara kendaraan bermotor,” kata Edi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Saptiko menyatakan, belasan rumah di Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur rusak karena diterjang angin puting beliung.

Baca Juga :  2 Tahun Dibatasi, Ribuan Warga Pontianak Antusias Ikuti Pawai Obor Sambut Ramadan

“Dari data sementara yang kami terima di lapangan ada sekitar 11 rumah yang mengalami rusak akibat angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB,” kata Saptiko.

Ia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan benar total rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung tersebut.

“Setelah datanya terkumpul nantinya, data tersebut akan diserahkan di dinas terkait, untuk selanjutnya diberikan bantuan oleh Pemerintah Kota Pontianak,” ungkapnya.

Bantuan tersebut diberikan, biasanya tergantung tingkat kerusakan dari rumah yang terkena musibah angin puting beliung tersebut, katanya.

Sementara itu, puluhan pohon yang ada di sepanjang Jalan Perdana, Kecamatan Pontianak Tenggara, dari pantauan di lapangan juga tumbang akibat hujan lebat yang disertai angin kencang tersebut.

Kawasan Jalan Ahmad Yani Pontianak, juga mengalami macet akibat satu baliho ukuran besar tumbang, setelah diterjang angin yang disertai hujan deras tersebut. (Ant/Fai)

Comment