by

Deputi Gubernur BI Harap Kepala BI Kalbar yang Baru Dapat Pertahankan Prestasi

KalbarOnline, Pontianak – Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng meminta kepada Kepala BI perwakilan Kalbar yang baru, Agus Chusaini agar dapat mempertahankan prestasi Kepala BI perwakilan Kalbar sebelumnya, Prijono. Di mana Bank Indonesia, kata dia, secara mandat fungsinya berperan untuk mengendalikan kestabilan inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal itu disampaikannya saat diwawancarai usai mengikuti prosesi pengukuhan terhadap Prijono kepada Agus Chusaini yang dilangsungkan di Kantor BI Kalbar, Jumat (21/2/2020) pagi.

“Kita harap rekan kita Pak Agus (Kepala BI perwakilan Kalbar yang baru) bisa mempertahankan prestasi sebelumnya,” ujarnya.

Kendati demikian, ia mengucap syukur, di mana selama kepemimpinan Gubernur Kalbar, Sutarmidji angka inflasi cukup terkendali yakni hanya di kisaran 2,3 persen. Tentu hal ini, kata dia, catatan bagi Kepala BI Kalbar yang baru agar dapat mengawal angka tersebut untuk lebih baik ke depannya. Sebab menurut dia, inflasi bukan suatu hal yang main-main, di mana sangat berdampak pada masyarakat. Seperti yang terjadi di Venezuela, di mana angka inflasinya mencapai jutaan persen.

“Alhamdulillah dalam kepemimpinan Pak Gubernur, inflasi di kalbar cukup terkendali hanya sekitar 2,3 persen. Tentu ini catatan bagi kepala bi kalbar yang baru bagaimana bisa mengawal inflasi yang sudah bagus ini agar bisa lebih baik ke depannya. Kestabilan inflasi sangat penting kalau rendah tentu berdampak pada kesejahteraan masyarakat, daya beli masyarakat juga meningkat. Ini pentingnya pengendalian inflasi, ini tak main-main, banyak negara yang inflasinya bisa sampai jutaan persen seperti Venezuela, rakyatnya menderita sekali,” tukasnya.

Kemudian yang tak kalah penting, lanjut Sugeng, pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, jika inflasi terjaga tentu pertumbuhan ekonomi bisa didorong.

“Kami juga dorong Kepala BI Kalbar yang baru untuk bisa menggali sumber-sumber pertumbuhan ekonomi yang baru. Seperti di sini punya potensi UMKM, kami lihat hasil tenun di sini luar biasa, kami tiap tahun melakukan karya kreatif Indonesia semacam pameran dari seluruh Indonesia, kami punya 46 kantor Bank perwakilan se-Indonesia, di mana semacam kompetisi, kantor perwakilan mana yang bisa membina UMKM yang terbaik, hasilnya luar biasa, kualitas produk UMKM binaan BI,” bebernya.

“Hal lain, kami dari Bank Indonesia secara nasional punya peran yang sangat penting yaitu mendorong pariwisata, kami lihat di Kalbar punya potensi pariwisata yang cukup bagus kalau dikelola dengan baik, ada beberapa yang sudah terkenal, seperti Tugu Khatulistiwa. Kami tadi malam berkunjung ke tepian Sungai Kapuas, itu sangat bagus, kalau di Thailand ini jadi sumber pariwisata, ke depan akan kita dorong terus,” timpalnya.

Selain beberapa catatan itu, Sugeng turut menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendorong melalui kerjasama dengan Gubernur Kalbar untuk terus meningkatkan elektronifikasi transaksi.

“Kita akan dorong bersama-sama Pak Gubernur untuk terus memperkuat elektronifkkasi transaksi pemda, saya kira di sini sudah berjalan, kita harap nanti penerimaan melalui elektronifikasi transaksi ini bisa ditingkatkan lagi ke depan, karena sudah banyak daerah yang sudah berhasil, mudah-mudahan itu bisa jadi contoh,” tandasnya. (Fai)

Comment

News Feed