by

Perkuat Jaringan Internet, Kominfo Kubu Raya Siapkan 80 MBPs

KalbarOnline, Kubu Raya – Dinas Komunikasi dan Informatika Kubu Raya siapkan 80 MBps (Mega Byte per second) dalam rangka mensupport jaringan internet pada tes CPNS di Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (18/2/2020).

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kubu Raya, Hery Purwoko menjelaskan, 80 MBps digunakan memakai dengan dua cara yakni dengan jaringan Wi-fi serta kabel LAN.

“Dalam rangka kegiatan tes CPNS penjaringan Wi-fi sebagai backup melalui sistem kabel LAN, apabila terjadi permasalahan pada jaringan internet. Alhamdulilah hingga saat ini belum ada masalah,” ucap Hery ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Hery 80 MBps tidak akan terjadi los bandwitch sebab kabel LAN sudah terpasang di perangkat-perangkat yang digunakan para peserta CPNS. Sehingga pengiriman data-data dari para peserta CPNS langsung terkoneksi ke server Badan Kepegawaian Nasional.

“Walaupun 80 MBps disiapkan secara khusus untuk para peserta CPNS. Kita juga tidak mengabaikan kebutuhan bandwitch yang diperlukan SKPD maupun kantor Camat,” terangnya.

Diterangkannya, selama ini bandwitch yang digunakan setiap SKPD sebanyak 20 MBps, namun pemakaian biasanya hanya 12 MBps. Maka sisa MBps dari SKDP maupun kantor Camat dapat dipakai untuk kebutuhan para peserta CPNS.

“Artinya delapan MBps itu tersimpan ke backup. Jadi yang dibackup bukan hanya kegiatan penerimaan CPNS namun disetiap OPD juga kita backup,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Hery, penggunaan 80 MBps untuk penerimaan CPNS hingga akhir pekan depan. Persiapan bandwitch tersebut, sebut Hery telah dipersiapkan pihaknya jauh hari sebelumnya.

“Jadi tim dari TIK sudah dipersiapkan sebanyak lima orang untuk menjaga terselenggaranya penerimaan CPNS baik di ruangan server kantor Bupati maupun lokasi penerimaan CPNS tersebut,” ungkapnya. (ian)

Comment

News Feed