5 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kehamilan

Selama hamil, sangat penting untuk rutin mengonsumsi makanan yang sehat. Dan ketika berbicara tentang makanan sehat, maka buah-buahan termasuk di dalamnya.

Stroberi adalah salah satu buah yang memiliki rasa unik, dengan perpaduan manis dan sedikit asam. Tidak heran jika buah ini sangat diminati, tidak terkecuali oleh Mums yang sedang hamil. Tak hanya rasanya yang nikmat, buah kecil berwarna merah ini juga ternyata memiliki sejumlah manfaat lho, Mums. Ingin tahu apa saja manfaat buah stroberi bagi kehamilan? Yuk, simak selengkapnya!

Baca juga: 5 Superfood untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Stroberi Bagi Kehamilan

Menurut UC Davis Health System, California, stroberi adalah buah yang kaya akan vitamin C. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu perkembangan bayi dan juga membantu tubuh Mums menyerap sejumlah zat besi yang diperlukan. Tak hanya itu, stroberi merupakan sumber karbohidrat baik, sehingga dapat membantu meningkatkan energi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Secara lebih rinci, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) juga telah menjelaskan kandungan nutrisi dari stroberi. Dalam secangkir stroberi atau sekitar 166 gram, terkandung kalori sekitar 53 kkal, 12,75 gram karbohidrat, 27 mg kalsium, 22 mg magnesium, 40 mg fosfor, 254 mg kalium, 40 mcg folat, dan 97,6 mg vitamin C.

Kandungan nutrisi ini tentu membuat buah stroberi tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Nah, berikut ini sejumlah manfaat buah stroberi bagi kehamilan:

Baca Juga :  OOTD Lebih Stylish dengan Galaxy Z Flip5 Terbaru, Ideal bagi Para Fashion Enthusiast!

1. Asam folat

Penelitian menunjukkan bahwa asam folat 400 mcg dapat mengurangi risiko cacat lahir hingga 50%. Stroberi secara alami memiliki kandungan ini dan membantu Mums dalam memenuhi RDA atau angka kebutuhan harian asam folat yang disarankan selama kehamilan.

2. Vitamin C

Penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia. Anemia selama kehamilan dapat menyebabkan bayi gagal tumbuh dan kemungkinan lahir prematur.

Mengonsumsi makanan seperti stroberi, yang kaya akan vitamin C, dapat membantu penyerapan zat besi, yang berfungsi membentuk sel darah merah.

3. Mineral

Kandungan vitamin C dan mineral dalam stroberi dapat membantu menjaga kekebalan tubuh selama hamil, sehingga dapat menghindarkan Mums dari berbagai risiko penyakit.

4. Kalium

Selama kehamilan, AKG (Angka Kecukupan Gizi) terhadap kalium adalah sekitar 4.700 mg. Stroberi secara alami mampu membantu Mums memenuhi AKG kalium selama hamil. Nutrisi ini juga sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga tekanan darah, kerja otot, fungsi saraf, dan regulasi elektrolit.

5. Serat

Ibu hamil membutuhkan sekitar 25-30 gram serat setiap harinya. Ini dibutuhkan untuk mencegah sembelit, kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil.

Baca juga: Manfaat Jus Stroberi untuk Kesehatan

Adakah Risiko Kesehatan dari Konsumsi Buah Stroberi Selama Kehamilan?

Meskipun stroberi tergolong aman untuk dikonsumsi selama hamil, ada beberapa kondisi konsumsi stroberi mungkin bisa berisiko bagi Mums, di antaranya:

Baca Juga :  Cara Alami Hilangkan Lemak Perut, Wajib Dicoba!
  • Apabila memiliki riwayat keluarga yang alergi terhadap stroberi, maka ada kemungkinan Mums juga mengalami alergi serupa. Alergi apa pun selama kehamilan dapat memengaruhi kondisi janin.

  • Mengonsumsi stroberi dalam kondisi mentah. Buah dan sayur mentah sangat berisiko mengandung sejumlah bakteri. Infeksi bakteri dapat mengganggu kesehatan saluran cerna, yang nantinya dapat berdampak pada kehamilan Mums.

Tips Mengonsumsi Stroberi Selama Hamil

Mengonsumsi stroberi selama hamil bisa memberikan sejumlah manfaat. Namun, tetap pastikan Mums mengonsumsinya dengan cara yang tepat, ya.

Berikut ini beberapa tips mengonsumi stroberi selama hamil:

  • Tambahkan jenis buah atau sayuran lain bersama stroberi agar Mums bisa memperoleh nutrisi yang seimbang.

  • Untuk membuat kudapan berbahan stroberi, lebih baik Mums mengolahnya sendiri untuk memastikan kualitas dan kebersihan stroberi yang digunakan.

  • Pastikan Mums tidak memiliki alergi terhadap stroberi sebelum mengonsumsinya.

Mengonsumsi buah stroberi selama hamil bisa memberikan banyak manfaat, baik untuk Mums dan juga janin. Meski begitu, pastikan Mums tidak memiliki alergi terhadap stroberi dan selalu konsultasikan kondisi kehamilan Mums dengan dokter kandungan. (AS)

Baca juga: Alergi Saat Hamil? Jangan Khawatir!

Sumber:

Mom Junction. “Is It Safe To Eat Strawberry During Pregnancy?”.

Parenting First Cry. “Eating Strawberries During Pregnancy – Is it Safe?”.

Pregnancy Related. “Strawberries During Pregnancy”.

Comment