Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Manfaat dari edamame tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, hingga menurunkan risiko kanker, semua manfaat tersebut dapat diperoleh dari kacang yang memiliki lapisan kulit berbulu ini. Nah, tapi apakah edamame ini termasuk aman dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai camilan? Yuk, cari tahu selengkapnya berikut ini!

Baca juga: Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Edamame

Edamame adalah jenis kacang kedelai muda yang sebenarnya belum matang dan masih berada dalam polongnya. Edamame pada awalnya sangat populer di negara Jepang, namun perlahan-lahan jenis kacang ini sudah mulai dikenal hampir di seluruh dunia.

Meskipun edamame adalah jenis kacang kedelai yang belum matang, kandungan nutrisinya tidak kalah dari kacang kedelai, lho.

Nah, berikut ini kandungan nutrisi dari secangkir edamame kupas:

– Kalori: 120 kalori

– Lemak: 2,5 gram

– Karbohidrat: 13 gram

– Protein: 11 gram

Selain nutrisi di atas, edamame juga menyediakan beberapa kandungan lain yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, seperti 10% zat besi, 4% kalsium, 10% vitamin C, 8% vitamin A, mangan, kalium, tembaga, fosfor, riboflavin, vitamin K, folat, dan asam lemak omega-3.

Baca juga: Apa Itu Edamame?

Apa Saja Manfaat Edamame bagi Ibu Hamil?

Konsumsi edamame bagi ibu hamil masih diperbolehkan selama dalam jumlah yang cukup. Nah, berikut ini beberapa manfaat edamamae sebagai camilan sehat untuk ibu hamil:

Baca Juga :  Mums, Waspadai Kekurangan Gizi Selama Kehamilan!

1. Sumber protein yang baik

Edamame adalah sumber protein yang sangat baik, terutama protein nabati. Jenis protein ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, sehingga membantu ibu hamil terhindar dari risiko diabetes gestasional.

2. Rendah kalori

Hipertensi juga menjadi masalah medis yang biasa ditemui selama kehamilan, bahkan pada ibu hamil yang sebelumnya tidak memiliki riwayat hipertensi sekalipun. Sebelumnya, banyak orang Asia yang mengonsumsi edamame sebagai pengobatan untuk kondisi hipertensi. Ini karena kolesterol yang terkandung dalam edamame terdiri dari kadar kolesterol yang sehat. Selain itu, asam lemak omega 3 dan 6 yang terkandung dalam edamame telah terbukti bermanfaat bagi jantung, sehingga dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

3. Kaya akan folat

Sudah menjadi rahasia umum, jika folat adalah nutrisi terbaik bagi ibu hamil. Folat menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan janin untuk perkembangan kesehatan janin, terutama di trimester pertama.

Folat ini nantinya akan berubah menjadi asam folat yang penting untuk perkembangan otak pada awal kehamilan dan mengurangi risiko bayi lahir dengan kondisi cacat lahir yang serius.

4. Kaya akan kalsium

Edamame memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk ibu hamil. Kalsium sendiri menjadi nutrisi penting bagi ibu hamil, karena bukan hanya menjaga kekuatan tulang ibu, tetapi juga untuk perkembangan tulang serta gigi janin. Selain itu, kalsium juga memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung, otot, dan saraf pada janin.

Baca Juga :  Jongkok Saat Hamil, Berbahayakah?

5. Sumber vitamin A dan B (Antioksidan)

Edamame menyediakan vitamin A dan B yang cukup bagi ibu hamil. Kedua vitamin ini juga dikenal sebagai antioksidan utama. Antioksidan memiliki peranan penting dalam melindungi sel akibat stres oksidatif yang biasa ditemui selama kehamilan.

6. Sumber serat yang baik

Sembelit merupakan masalah umum yang dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan rahim yang kian besar sehingga memengaruhi pergerakan makanan serta limbah dalam sistem tubuh.

Edamame yang kaya serat dapat membantu pergerakan makanan dan limbah menjadi lebih cepat. Selain itu, makanan yang kaya akan serat juga bermanfaat untuk membantu mencegah intoleransi glukosa dan mengurangi risiko diabetes gestasional.

Nah, itulah beberapa manfaat edamame sebagai camilan sehat untuk ibu hamil. Meski begitu, jika Mums ingin mengonsumsinya, pastikan tidak berlebihan ya. Mengonsumi edamame dalam jumlah banyak mungkin bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Oleh karena itu, pastikan juga untuk selalu mengonsultasikannya dengan dokter ya, Mums! (BAG)

Baca juga: Manfaat Edamame untuk Bayi dan Waktu Tepat Memperkenalkannya

Referensi

Dr. Health Benefits. “7 Proven Health Benefits of Edamame During Pregnancy

Mom Junction. “Is It Safe To Eat Edamame During Pregnancy?

Comment