by

Bupati Muda Resmikan Kantor Desa Jeruju Besar

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kabupaten Kubu Raya, Muda resmikan Kantor Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Sabtu (15/2/2020). Peresmian gedung baru itu ditandai dengan pemotongan pita serta penandatangan prasasti.

Kantor Desa Jeruju Besar, dibangun melalui Alokasi Dana Desa yang menelan anggaran sebesar Rp600 juta. Proses pembangunan kantor Desa Jeruju Besar dimulai sejak tahun 2016 hingga 2019. Layaknya kantor pelayanan, Kantor desa tersebut juga memiliki aula kantor yang cukup besar. Kantor desa dengan cat warna kuning putih ini juga memajang produk kerajinan tangan warga seperti besek serta produk lainnya di rak dinding kantor.

Dalam peningkatan Indeks Desa Membangun, Desa Jeruju Besar telah menerapkan sistem non-tunai melalui program Cash Management System (CMS). Selain itu, Desa Jeruju Besar juga memiliki Badan Usaha Milik desa (BUMDes) yang bergerak di sektor perternakan, penyewaan tenda serta usaha toko bangunan material.

Menyandang sebagai desa maju, desa yang dipimpin seorang perempuan ini dapat mengelola manajemen BUMdes-nya dengan baik. Pasalnya, program bedah rumah yang tidak layak huni pada waktu lalu, dapat dikerjakan oleh Pemerintah desa melalui BUMDes yang tentunya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa.

Setelah peresmian gedung baru Kantor Desa Jeruju Besar, rombongan Pemkab Kubu Raya dan DPRD Kubu Raya beserta masyarakat bergerak menuju ke tempat Wisata Equator Park di Desa Jeruju Besar, yang diketahui pengelolaan Equator Park dilakukan oleh BUMDes. (ian)

Comment

News Feed