Segar dan Manis! Ini 8 Manfaat Buah Jeruk Untuk Ibu Hamil

Hampir semua orang menyukai jeruk, tak terkecuali Mums ya pastinya. Yup, buah berwarna oranye yang terkenal kaya akan kandungan vitamin C ini memang sangat menggoda untuk dinikmati.

Akan tetapi, dengan rasanya yang sedikit asam, apakah buah jeruk tergolong aman untuk dikonsumsi oleh Mums yang sedang hamil? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Bolehkah Mengonsumsi Jeruk selama Kehamilan?

Jika Mums bertanya apakah ibu hamil boleh mengonsumsi jeruk? Jawabannya boleh kok, Mums. Jeruk merupakan jenis buah yang tergolong aman untuk dikonsumsi ketika hamil. Jeruk menawarkan sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh, sepertivitamin C, asam folat, kalsium, kalium, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, tetap pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan ya, Mums. Konsumsi buah jeruk yang berlebihan selama hamil bisa menimbulkan beberapa efek samping yang mungkin membuat Mums merasa tidak nyaman.

Baca juga: Manfaat Jeruk Lemon untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Nah, berikut ini beberapa manfaat buah jeruk untuk ibu hamil yang tentunya tidak ingin Mums lewatkan.

1. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh

Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C, yang sangat baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh, terlebih bagi ibu hamil. Perlu diingat bahwa ibu hamil perlu memiliki kekebalan tubuh yang optimal karena rentan terhadap sejumlah penyakit.

Baca Juga :  Ibu Hamil, Waspadai Infeksi Bakteri E-coli!

Mengonsumsi jeruk tidak hanya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh, melainkan juga menjaga bayi dalam kandungan tetap sehat.

Jeruk bersifat menyembuhkan karena mengandung senyawa fitonutrien, yang terdiri dari antosianin, flavanon, polifenol, dan asam hidroksisinamat.

Vitamin C juga baik untuk proses penyerapan nutrisi tertentu,seperti zat besi yang berfungsi untuk membentuk tulang rawan, pembuluh darah, tulang, dan jaringan pada janin.

2. Membantu perkembangan otak

Kebutuhan folat meningkat 5 hingga 10 kali selama kehamilan. Nah, jeruk dapat memenuhi kebutuhan ini! Folat dapat membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat tabung saraf terjadi. Folat juga dapat membantu mengembangkan sel-sel dan jaringan darah baru, serta meningkatkan berat lahir bayi.

3. Mencegah sembelit

Kandungan serat yang berlimpah dari buah jeruk dapat membantu melancarkan pergerakan usus dan mencegah sembelit, yang merupakan masalah umum selama kehamilan.

Selain itu, kandungan serat dalam jeruk sangat baik untuk mengatur tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, dan mencegah aterosklerosis (radang pembuluh darah).

Baca Juga :  Solusi Mengurangi Risiko Pekerja Kantoran yang Banyak Duduk

Baca juga: Begini Lho Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil!

4. Mengontrol tekanan darah

Indeks kalium yang tinggi dalam jeruk dapat membantu mengontrol tekanan darah, sehingga mencegah hipertensi pada ibu hamil.

5. Menghidrasi tubuh

Jeruk mengandung natrium dan kalium, yang dapat membantu mempertahankan kadar cairan dalam tubuh. Ini dapat menghindarkan Mums dari risiko dehidrasi selama kehamilan.

6. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C dalam jeruk juga menawarkan manfaat kecantikan. Efek antioksidan yang dimilikinya dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan kencang. Selain itu, antioksidan dalam jeruk sangat baik dalam mencegah serta mengatasi jerawat, yang merupakan masalah umum selama kehamilan.

Jeruk merupakan pilihan buah yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan karena kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi Mums dan juga janin. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Akan lebih baik lagi jika Mums mengonsultasikannya kepada dokter terkait jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi. (AS)

Baca juga: 6 Keluhan yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil

Sumber:

Mom Junction. “Is It Safe To Eat Oranges During Pregnancy?“.

Comment