by

#AbangDesa Siapkan Program Khusus Atasi Persoalan Ketenagakerjaan dan Ekonomi

KalbarOnline, Sambas – Bakal Balon Bupati Sambas, Mulyadi, S.P., M.P mengaku telah menyiapkan program khusus untuk warga khususnya para pemuda di kabupaten tersebut. Di mana program tersebut dalam rangka mengatasi persoalan ketenagakerjaan dan perekonomian masyarakat.

Program itu kata Mulyadi, salah satunya adalah Rumah Tangguh yang diprojeksikan untuk melahirkan para pemuda tangguh, petani tangguh, nelayan tangguh, perempuan tangguh, pelajar tangguh dan banyak lagi.

“Jadi Rumah Tangguh ini nantinya ada pelatihan-pelatihan kerja nantinya juga akan disinergiskan dengan program Gubernur Kalbar, Sutarmidji yaitu sertifikasi tenaga kerja, juga menyediakan pelatihan khusus bagi para kaum muda difable yang mencari pekerjaan serta pelatihan. Ini nanti akan kita luncurkan,” kata Mulyadi.

“Rumah tangguh ini juga kita projeksikan untuk menampung lulusan-lulusan SMA/SMK untuk dilatih agar siap menjadi angkatan kerja yang inovatif, kreatif dan tangguh untuk menghadapi tantangan dunia kerja,” timpal akademisi pertanian Universitas Panca Bhakti ini.

Balon Bupati yang dikenal dengan jargon #AbangDesa (Ayo Bangun Desa) ini berharap Rumah Tangguh ini nantinya juga bisa menjadi sarana untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman, serta memberikan jaringan dan akses terhadap beasiswa-beasiswa nasional dan internasional.

“Nah melalui program ini tentu harapannya dapat menekan angka banyaknya pemuda Sambas bekerja di luar negeri. Di mana Sambas selama ini disebut sebagai kantongnya para pekerja migran ilegal. Kalaupun bekerja di luar negeri, lewat Rumah Tangguh ini setidaknya warga kita memiliki sertifikasi sesuai kebutuhan dunia kerja di luar negeri khususnya di negara tetangga (Malaysia),” tandasnya. (*)

Comment

News Feed