Kapolda Kalbar Dimutasi

Jabat Analisis Kebijakan Utama Itwasum Polri

KalbarOnline, Pontianak – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Kapolda Kalbar. Hal ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/385/KEP/2020 tertanggal 3 Febuari tahun 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Berdasarkan surat telegram itu, Irjen Pol Didi Haryono dimutasikan sebagai Analisis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Jabatan yang ditinggal Didi sebagai Kapolda Kalbar akan diisi oleh Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya merupakan Kapolda Sulawesi Utara. Sementara, posisi Kapolda Sulut akan dijabat oleh Irjen Royke Lumowo yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Maluku.

Tak hanya jabatan Kapolda Kalbar, Kapolda Sulut dan Kapolda Maluku yang akan berganti, sedikitnya terdapat lima Kapolda lain yang bakal dimutasi atau dipromosikan ke jabatan baru.

Baca Juga :  Saling Sundut Sutarmidji-Lasarus Soal Infrastruktur, Maman: Lebih Baik Bersinergi, Buktinya Listrik Desa Bisa

Hal ini turut dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono. Ia mengatakan, mutasi hingga promosi ini merupakan hal yang biasa.

“Mutasi perwira tinggi, pejabat utama polda dan para kapolres adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka meningkatkan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” ujarnya.

Dalam surat telegram itu, Brigjen Pol Baharudin Djafar yang kini menjabat Kapolda Sulbar akan digeser menjadi Kapolda Maluku. Sementara Kapolda Maluku akan dijabat Brigjen Pol Eko Budi Sampurno.

Lalu, Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Dia akan digantikan oleh Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Baca Juga :  Warga Siantan Dibekuk Polda Kalbar, Kantongi 1000 Butir Pil Ekstasi dan 1 Kg Sabu

Sedangkan Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio Septianda Djambak diangkat sebagai Kasespim Lekdiklat Polri. Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Pol Wahyu Widada yang saat ini menjabat Kapolda Gorontalo.

Sementara Kapolda Gorontalo akan dijabat oleh Brigjen Pol Adnas. Dia saat ini merupakan Wakapolda Sulsel. Untuk posisi Wakapolda Sulsel sendiri akan dijabat Brigjen Pol Halim Pagarra.

Kemudian Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Rikwanto akan menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara. Wakapolda Kalteng akan diisi oleh Brigjen Pol Indro Wiyono.

Selain itu, mutasi juga terjadi pada posisi Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri. Kadiv Hubinter, Irjen Pol Maltha dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Pol Napoleon Bonaparte yang saat ini menjabat Ses NCB Interpol Indonesia Divhubinter. (Fai)

Comment