Pemkab Ketapang Bakal Pugar Komplek Makam Kerajaan Tanjungpura

Bupati Ketapang kunjungi komplek makam Kerajaan Tanjungpura

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Ketapang akan melakukan pemugaran komplek makam Raja Kerajaan Tanjungpura. Pemugaran ini dimaksudkan untuk membuat nyaman para pengunjung ke situs sejarah kerajaan tertua di Kalbar itu. Hal ini disampaikan Bupati Martin saat mengunjungi komplek makam Raja Kerajaan Tanjungpura dan Taman Khalwat Sapujagat di Desa Tanjungpura, Kecamatan Muara Pawan, Jumat (31/1/2020).

Dalam kunjungannya yang didampingi Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) ke situs sejarah yang ada sejak abad ke-8 itu, Bupati disambut oleh Kepala Desa Tanjungpura, Kurniawan dan Juru Kunci Taman Khalwat Sapujagat Tanjungpura, H. Astralion serta tokoh masyarakat setempat, H. Marwan.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bupati Sampaikan Amanat Menpora RI

Bupati Martin menyebutkan, pihaknya akan merenovasi beberapa bangunan termasuk memperbaiki akses jalan masuk, serta pagar pembatas dan penerangan di sekitar komplek makam tersebut.

“Bangunan makam Raja Tanjungpura ini akan kita bangun dan dibesarkan, jalan masuk kita rabat beton, tetapi kalau mau semua tidak cukup, ini hanya untuk menyamankan pengunjung dan juga akan kita adakan syukuran dan jiarah akbar nanti,” ujarnya saat diwawancarai awak media didampingi Ketua Ikramat, Uti Royden Top, Jumat (31/1/2020).

Puluhan warga yang hadir juga berkenan mengantar Bupati Martin dan rombongan melihat beberapa lokasi peninggalan Kerajaan Tanjungpura, seperti Pelabuhan Penambatan Kapal dan kolam pemandian putri kerajaan.

Baca Juga :  Bupati Sampaikan 22 Pencapaian Kinerja di Tahun 2020 Dalam Pidato Pertanggungjawaban

Orang nomor wahid di Bumi Ale-ale itu juga diantar Kepala Desa Tanjungpura bersama warga untuk mengunjungi  tempat yang sangat disakralkan warga setempat yakni Taman Khalwat Saputjagat, dengan sumur yang airnya dikeramatkan warga yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Setelah melihat-lihat sejenak, Bupati dan rombongan memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa agar selalu diberikan kemudahan, kesehatan dalam memimpin Kabupaten Ketapang.

Kunjungan Bupati Martin Rantan ke sisa peradaban Kerajaan Tanjungpura yang telah mengalami beberapa kali perpindahan ibu kota Kerajaan ini menjadi bukti bahwa peradaban negeri tanah bertuah ini sudah cukup maju pada masa lampau. (Adi LC)

Comment