by

HUT ke-63 Pemprov, Midji Bahas Kalbar Bangun Kebersamaan Dalam Keberagaman

KalbarOnline, Pontianak – Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-63 Pemerintah Provinsi Kalbar digelar pagi ini di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (28/1/2020). Dalam upacara ini Gubernur Sutarmidji bertindak sebagai inspektur upacara.

Midji hadir didampingi sang istri, Lismaryani Sutarmidji yang sama-sama mengenakan pakaian khas adat Melayu berwarna orange. Terlihat pula Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan beserta istri, Erlina Ria Norsan, Sekda Kalbar, A.L Leysandri, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Kasdam XII/Tanjungpura, Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D. Tuejeh, Anggota DPRD Kalbar dan para pejabat forkopimda lainnya serta para pejabat instansi vertikal. Tampak pula hadir sejumlah Wali Kota / Bupati se-Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Midji mengatakan mengenai ‘Kalbar yang membangun kebersamaan dalam keberagaman’ di usia yang ke-63 tahun.

“Itu menggambarkan tentang kehangatan dan keharmonisan masyarakat Kalimantan Barat yang diberi karunia heterogenitas dengan beragam latar belakang etnis maupun agama, harus senantiasa djaga dan dipelihara,” ujarnya.

“Mengingat semakin derasnya ancaman disintegrasi sebagai imbas negatif dari perkembangan arus teknologi informasi yang semakin tidak terbendung dan selalu memiliki celah untuk dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan selalu ingin memecah belah bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” timpalnya.

Seperti diketahui, tema HUT Pemprov Kalbar tahun 2020 ini yakni ‘tingkatkan pelayanan publik, bangun kebersamaan dalam keberagaman, wujudkan Kalimantan Barat sejahtera’.

Dipaparkan Midji, tingkatkan kualitas pelayanan publik mengandung makna sebuah perintah agar setiap unsur penyelenggara pemerintahan di Kalbar termasuk para stakeholdernya hingga Pemerintah kabupaten/kota untuk dapat lebih baik lagi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Setiap elemen harus menyadari bahwa tuntutan dan kebutuhan akan pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah senantiasa bergerak dinamis dan akan semakin tinggi seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, persaingan global, perkembangan teknologi informasi, hingga meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat. Prinsip ataupun pola kerja dan pelayanan yang bersifat ‘biasa’ harus segera ditinggalkan dan diganti dengan pola-pola kerja yang inovatif dan responsif, serta mampu memaksimalkan setiap peluang perkembangan teknologi dan informasi untuk meningkatkan kinerja individu maupun kinerja organisasi, serta mampu menciptakan lompatan-lompatan kemajuan yang lebih baik,” tegasnya.

“Untuk itu, melalui momen hari ulang tahun ini saya ingin mengajak kita semua yang telah berkomitmen untuk membangun Kalimantan Barat, agar selalu siap mengimbangi tuntutan tersebut dengan menjadi sosok sumber daya manusia aparatur yang berkualitas, kompeten, profesional dan memiliki integritas kuat serta inovatif dalam menjalankan setiap tugas dan fungsi yang diemban sebagai seorang aparatur sipil negara (ASN), sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing,” timpalnya.

Sementara pada kalimat wujudkan Kalimantan Barat sejahtera, dijelaskan Midji, menggambarkan tentang cita-cita yang menjadi harapan dan tujuan dari pembangunan di Kalimantan Barat, yakni terwujudnya masyarakat Kalimantan Barat yang sejahtera, adil dan merata. (Fai)

Comment

News Feed