Minta Warga Kalbar Tetap Jaga Pola Hidup Sehat

14

KalbarOnline, Pontianak – Kendati belum ditemukannya gejala virus corona yang masuk ke wilayah Kalimantan Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar telah melakukan kesiapsiagaan mengantisipasi pasien terinfeksi virus corona yang tengah mengancam sejumlah negara.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sendiri melalui Dinas Kesehatan telah melakukan kesiapsiagaan dan mewaspadai kalau ada pasien yang terinfeksi virus corona, seperti ada gejala batuk kering, demam, badan terasa lesu kemudian sesak nafas, lalu juga ada gejala di pencernaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson menjelaskan, adapun langkah-langkah dilakukan di antaranya pemeriksaan kesehatan suhu badan apakah melebihi 38 derajat celsius di setiap pintu masuk pelabuhan, bandara dan PLBN.

Persiapan lainnya, lanjut Harisson, pihaknya telah menyiapkan rumah sakit rujukan penanganan virus corona. Di Kalbar sendiri akan ada di rumah sakit Soedarso, rumah sakit Abdul Azis Singkawang dan rumah sakit AM Djoen Sintang. Di rumah sakit tersebut akan disiapkan ruang isolasi dan petugas serta alat pelindung diri bagi petugas.

Selanjutnya Dinkes akan mengambil sampel dan akan dicek lab ke Jakarta, untuk kepastian apakah penderita terkena virus corona. Namun jika seandainya terjadi lonjakan maka rumah sakit lainnya yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya juga akan dilibatkan sebagai lokasi rujukan.

“Segeralah ke Dokter bila nanti ada gejala batuk kering, demam, badan terasa lesu, sesak nafas dan gejala di pencernaan,” pintanya.

Ia meminta agar masyarakat jangan terlalu panik dan diharapkan tetap menjaga kesehatan, sebab virus tersebut, kata dia, menyerang tubuh yang lemah. Oleh karena itu, tegas dia, perlu menjaga pola hidup bersih dan sehat, banyak istirahat, makan buah-buahan dan cuci tangan sebelum maupun sesudah beraktifitas. (Fai)

Tinggalkan Komentar

Loading...