by

Bupati Rupinus Serahkan Bantuan Logistik Untuk Korban Puting Beliung di Cuka Hilir

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus menyerahkan langsung bantuan kepada korban musibah bencana alam puting beliung yang menyebabkan pohon tumbang yang terjadi pada Jumat 24 Januari 2020 di Dusun Cuka Hilir, Desa Sekonau, Kecamatan Sekadau Hulu, Minggu (26/1/2020). Korban musibah bencana alam puting beliung itu bernama Yulianus Kamso.

Separuh rumah milik Yulianus Kamso rusak parah setelah ditimpa pohon. Akihat musibah itu korban mengalami luka dan memar di beberapa bagian tubuh. Selain itu kepala korban juga mengalami benturan dahan pohon sehingga korban harus mengalami perawatan dan dirujuk ke RSUD Sekadau. Kondisi rumah korban juga mengalami kerusakan cukup parah sehingga istri dan anak korban untuk sementara harus mengungsi ke rumah mertua korban.

Sebelum menyerahkan bantuan, Bupati Rupinus melihat langsung rumah milik Yulianus yang tertimpa pohon. Berdasarkan penuturan Kepala Pelaksana BPBD Matius Jhon, pohon yang menimpa rumah milik Yulianus adalah pohon cempeda berlilit kayu ara.

“Pohon cempedanya itu sudah mati dan dan dililit kayu ara, terkena angin kencang pohonnya pun tumbang dan menimpa rumah milik Yulianus Kamso warga Cuka Hilir,”  ujarnya.

Beberapa bagian rumah milik Kamso terutama bagian dapur rata habis tertimpa pohon cempeda berlilit kayu ara itu. Bupati Rupinus melihat langsung sisa-sisa puing reruntuhan rumah milik Kamso seperti seng, kayu bangunan dan peralatan rumah. Tak lama setelah melihat yang tejadi terhadap rumah Yulianus, Bupati kelahiran Dusun Pantok Nanga Taman yang kala itu didampingi Kepala Pelaksana BPBD beserta perangkatnya, Camat Sekadau Hulu, Kapolsek Sekadau Hulu, Danramil Sekadau Hulu dan tokoh Masyarakat langsung menyerahkan bantuan kepada Yulianus Kamso. Yulianus Kamso saat itu didampingi sang istri dan anak tercintanya. Yulianus dan isteri merasa terharu atas bantuan yang diterimanya, apalagi yang menyerahkannya itu adalah Bupati, orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari ini.

“Terima kasih pak Bupati, sudah memberi bantuan kepada kami, kami merasa terharu, bantuan ini sungguh membantu kami,” tutur Yulianus.

Beberapa bantuan seperti seng, peralatan dapur, obat obatan terpal dan logistik lainnya pun diterima Yulianus.

“Ini ada material bangunan seng 25 keping, ada perlatan dapur, terpal dan ada logistik lain mohon diterima pak. Ini merupakan bentuk tali asih dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Sekadau, jangan dilihat berapa jumlah sedikit banyaknya bantuan ini, tapi ini bentuk ketulusan kami untuk membantu bapak atas musibah yang menyebabkan rumah bapak rusak berat. Semoga bermanfaat pak dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya,” pesan bupati lulusan magister Universitas Indonesia ini.

Bupati juga mengimbau kepada seluruh warga Sekadau agar tetap waspada dan berjaga-jaga, mengingat cuaca saat ini masih kurang baik, kadang hujan, kadang juga angin.

“Untuk itu saya imbau agar selalu berjaga jaga seraya berdoa memohon pertolongan kepada Tuhan,” pungkasnya. (Mus)

Comment

News Feed