Jelang Imlek, Yayasan Sosial Bhakti Sungai Ayak Salurkan Bantuan Peduli Kasih

KalbarOnline, Sekadau – Jelang Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020, Yayasan Sosial Bhakti Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat berbagi kasih, Selasa (21/1/2020) pagi.

Kegiatan Bakti Sosial seperti ini merupakan agenda rutin setiap tahun Yayasan Sosial Bhakti. Berbagi tali asih kali ini Yayasan Sosial Bhakti mengusung tema ‘Berbagi kasih untuk warga kita dalam rangka menyambut Imlek bersama’.

Jelang Imlek, Yayasan Sosial Bhakti Sungai Ayak Salurkan Bantuan Peduli Kasih 1

Bertempat di gedung Yayasan Bhakti Sosial, sejumlah warga Tionghoa dan etnis lainnya dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Belitang Hilir mendapatkan bantuan tali asih.

Ketua Yayasan Sosial Bhakti Sungai Ayak, Petrus Palembang dalam sambutannya berharap agar tali asih yang diberikan pihaknya dapat bermanfaat.

Jelang Imlek, Yayasan Sosial Bhakti Sungai Ayak Salurkan Bantuan Peduli Kasih 2

“Bantuan ini kami salurkan dari hasil donasi para donatur yang kita terima, nilainya tak seberapa, mudah-mudahan dapat bermanfaat,” tuturnya.

Sebanyak 63 kepala keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan. Dari 63 KK, sebanyak 16 KK yang menerima bantuan termasuk dari etnis lain warga Muslim maupun Kristen. Yang menerima donasi peduli kasih yang disalurkan Yayasan Sosial Bhakti, umumnya adalah mereka yang kurang mampu dalam kehidupan ekonomi.

Adapun donasi yang diberikan berupa uang, satu karung beras, satu kilogram kue keranjang, minyak goreng kemasan 2,5 liter,  dua botol minuman 3,5 liter serta satu dus minuman kemasan per/kk.

“Kita berikan ke warga yang kurang mampu, khususnya yang merayakan Imlek namun kami juga memberikan bantuan kepada warga etnis lainnya yaitu Islam, Katolik dan Protestan yang ada di beberapa desa di Kecamatan Belitang Hilir,” ujar Suryandi, Sekretaris Yayasan Sosial Bhakti Sungai Ayak.

Adapun warga yang mendapatkan bantuan berasal dari Desa Sungai Ayak ll, Desa Sungai Ayak l dan Desa Persiapan Sepantak.

Donasi yang disalurkan ini berasal dari sumbangan sukarela masyarakat Tionghoa Asal Sungai Ayak yang berada di se-jabodetabek, ada  juga donatur dari Sintang, Pontianak dan juga Sungai Ayak sendiri, yang dikumpukan melalui posko donasi Yayasan Sosial Bhakti Sungai Ayak. Pengumpulan dilakukan sejak 14 Desember  sampai dengan 15 Januari 2020 kemarin.

“Jumlah donasi yang terkumpul sebanyak Rp32.300.000 dari 22 orang penyumbang, kami bertugas menyalurkan, tanpa ada embel-embel apapun atau biaya penyaluran, ini benar-benar sosial. Semua yang didonasikan kami salurkan,” papar Suryandi yang akrab disapa Alit.

Dalam penyaluran, pengurus Yayasan menggunakan data penduduk yang dinilai kurang mampu, sehingga penyaluran tepat pada warga yang memang layak mendapatkannya.

Selaku pengurus Yayasan, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah merogoh kocek demi kebersamaan dan peduli pada sesama yang membutuhkan dan kepada sesama umat beragama. Dan untuk seluruh Panitia ia juga mengucapkan terima kasih, karena telah bekerja dengan ikhlas membantu tanpa imbalan apa pun.

Ia juga berharap perayaan Imlek dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat dimeriahkan semua lapisan masyarakat dari berbagai etnis.

Hadir dalam acara tersebut Camat Belitang Hilir yang diwakili oleh Kasi Kesra Minah, Kapolsek Belitang Hilir, IPTU I Nengah Muliawan, Dandramil 1204/14 Sungai Ayak, Serma Risben Doni Caniago, Ketua Yayasan Sosial Bhakti, Petrus Palembang (Bong Cie Khiong) Bendahara Yayasan Sosial Bhakti, Sadimin (Then Sau Min) Sekretaris Yayasan Sosial Bhakti, Suryandi (Phang Sin Lit), Kepala Desa Sungai Ayak ll, Jumadi, A.Md, Ketua MAKIN Djong Khet Jhin (Sumardi), Pembina Yayasan Sosial Bhakti, Djong Khet Phan (Aphan) dan para penerima tali asih. (D/Mus)

Tinggalkan Komentar

Loading...