by

Menteri Agama Beri Penghargaan Kepada Sutarmidji

Hibahkan lahan seluas 23 hektar untuk pembangunan asrama haji

KalbarOnline, Nasional – Menteri Agama, Fachrul Razi, memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada enam kepala daerah. Salah satu kepala daerah yang mendapat penghargaan itu ialah Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji lantaran telah menghibahkan lahan seluas 23 hektar lebih untuk pembangunan asrama haji Kalbar.

“Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemprov Kalbar atas hibah tanah seluas 23 hektar kepada Kemenag untuk membangun asrama haji di Pontianak,” ucap Fachrul saat memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalbar yang diwakili Wakil Gubernur Kalbar,  Ria Norsan pada malam Tasyakuran Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 di gedung Kementerian Agama RI, Kamis (16/1/2020) lalu.

Mantan Wakil Panglima TNI itu turut mengapresiasi langkah yang diambil oleh para kepala daerah ini, terutama upaya mereka dalam menciptakan kerukunan beragama.

“Kita sangat hargai, bukan karena besar  angkanya, tapi karena kepedulian mereka akan pembinaan agama di tempatnya,” tukasnya.

Saat ini status asrama haji Kalbar  merupakan asrama haji antara. Hal ini, kata dia, dikarenakan beberapa perangkat yang ada seperti bandara dan persyaratan lainnya belum terpenuhi.

“Asama haji Kalbar dialokasikan mendapat dana untuk pembangunan asrama haji pada tahun anggaran 2021,” tandasnya.

Sementara Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan menegaskan, lahan yang dihibahkan itu merupakan komitmen Pemprov Kalbar untuk menunjang penyelenggaraan haji.

“Ini bentuk komitmen Pemprov Kalbar untuk selalu memberikan pelayanan haji lebih berkualitas dan lebih baik,” tegas Ria Norsan.

Mantan Bupati Mempawah ini juga berharap, ke depan dengan dihibahkannya lahan dari Pemerintah Provinsi Kalbar untuk pembangunan asrama haji dapat memberikan manfaat yang besar untuk kemasalatan umat khususnya dalam pelaksanaan haji agar lebih baik sehingga para Calon Jemaah Haji dapat melaksanakan ibadah haji lebih nyaman.

Selain Gubernur Kalbar, kepala daerah yang menerima penghargaan itu di antaranya Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, yang telah menghibahkan Rp400 miliar untuk kesejahteraan guru di Jakarta.

Kedua, Gubernur Riau, Syamsuar, yang telah menghibahkan tanah untuk 56 lokasi Kantor Urusan Agama di wilayah tersebut.

Ketiga, kepala daerah yang mendapatkan penghargaan yaitu Bupati Kabupaten Bondowoso, Salwa Arifin, yang telah membantu Rp18 miliar untuk kesejahteraan guru di pesantren.

Keempat, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, yang telah menghibahkan 922 hektare tanah untuk rumah ibadah umat Buddha.

Kelima, Bupati Mongondow Selatan Sulsel, Iskandar Kamaru, diwakili Wabup Dedi Abdul Hamid yang telah menghibahkan Rp4,2 miliar untuk Bimbingan Masyarakat Hindu. (Fai)

Comment

News Feed