by

Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan

KalbarOnline.com – Realme menelurkan lagi satu perangkat ekonomisi seri 5. Perangkat yang dimaksud yakni Realme 5i. Kehadiran ponsel tersebut memperkaya lini seri 5 yang total hingga kini ada empat varian, Realme 5 Pro, Realme 5s, Realme 5 (reguler), dan kini Realme 5i.

Realme 5i sejatinya tak banyak berbeda dari seri Realme 5 sebelum-sebelumnya. Paling dekat, Realme 5i memiliki spesifikasi yang hampir serupa dengan Realme 5 reguler.

Handset Realme 5i sudah berada di tangan kami cukup lama. Jauh sebelum Realme resmi memboyong perangkat tersebut ke Tanah Air bersama dengan Realme Buds Air. Penasaran dengan ulasan tentang Realme 5i, smartphone yang dijagokan di segmen Rp 1 jutaan? Yuk simak ulasan selengkapnya!

Perangkat Realme 5i. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Kelengkapan

Ulasan tentang Realme 5i kami mulai dari aspek kelengkapan. Realme 5i dari segi kelengkapan penjualan hadir dengan paket yang seadanya. Di paket penjualan Realme 5i banyak yang absen.

Realme 5i di dalam kotaknya hanya terdapat satu buah 5V2A adapter charger, micro USB cable, kitab-kitab panduan termasuk kartu garansi, SIM card tool ejector, dan screen protect film yang langsung terpasang di perangkat. Jelly case yang biasa hadir pada perangkat Realme seperti biasanya tak ada. Pun dengan earphone.

Realme pun membeberkan alasan Realme 5i yang hadir tanpa jelly case. Namun kami akan menuliskannya pada aspek desain. Oh iya, Realme 5i kali ini hadir dengan kemasan berwarna kuning cerah seperti awal pertama Realme hadir di Indonesia.

Desain dan Layar 

Usai membuka boks penjualan, unit Realme 5i berwarna hijau langsung kami dapati. Ada varian warna lain, yakni biru. Realme menyebut warna-warna andalannya itu sebagai Forrest Green dan Ocean Blue.

Dari aspek desain, Realme 5i masih tampil menawan. Seperti handset terdahulu, smartphone murah ini desainnya tampak diperhatikan dan senantiasa mengalami pembaruan.

Desain belakang Realme 5i kali ini tampak beda dari biasanya. Masih berkilauan, tapi beda. Di bagian belakang Realme 5i kali ini desainnya dibuat dengan sentuhan sedikit kasar, seperti bertabur pasir namun tetap berkilauan. Materialnya tahan gores, karenanya Realme tidak membekali jelly case pelindung tambahan pada kelengkapan paket penjualannya.

Tak hanya lebih tenang di mata dengan tak banyak kilauan-kilauan, desain seperti ini juga membuat Realme 5i nyaman digenggam menurut kami. Tidak licin. Cenderung rigid dan seperti menyatu dengan telapak tangan yang halus.

Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 2
Perangkat Realme 5i. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Masih dari aspek desain bagian belakang perangkat, Realme 5i seperti disinggung di atas mengaplikasikan finishing yang berkilauan. Pada bagian belakang tampak logo dan kamera disusun secara vertikal, mirip dengan desain Realme 5 yang lain.

Desain belakang Realme 5i juga jika diperhatikan dengan saksama, detail pengerjaannya masih begitu kentara dengan adanya sebuah ring berwarna yellow iris yang menjadi ciri khas Realme yang ditampilkan dalam kamera Realme 5i. Hal tersebut membuat area kamera secara visual terlihat khas dan berkarakter.

Detail lainnya adalah tepian bernuansa chrome mengkilap yang melingkari area pemindai sidik jari. Semakin menambah kesan premium.

Realme 5i pada sisi kirinya terdapat slot SIM-Card dan MicroSD yang bisa ditampung semua dalam satu laci. Laci tempat menyimpan SIM-Card dan MicroSD-nya dibuat dapat menelan dua kartu SIM dan MicroSD semua dalam satu tempat (dedicated slot). Masih di sisi kiri, terdapat tombol volume ‘Up and Down’. Sementara di bagian kanan, hanya ada tombol power.

Berada di bagian bawah ada barisan elemen penting lainnya, seperti Micro USB, microphone, jack headphone, dan tak lupa lubang speaker sebagai pengeras suara. Sementara pada bagian atas polos. Bagian sisi-sisi kanan, kiri atas dan bawah Realme 5i tak luput dari sentuhan detail sewarna seperti bagian bodi secara keseluruhan.

BACA JUGA:  Adu Teknis Realme 5i Vs Redmi Note 8, Siapa Lebih Unggul?

Sampai kepada bagian depan, yakni layarnya. Realme 5i hadir dengan bezel lumayan tipis, baik di kiri-kanan maupun atas-bawah. Tentu saja, lengkap dengan notch, agar menambah kesan kekinian. Layar dengan notch pada handset Realme 5i disebut sebagai Mini Drop Full Screen.

Realme 5i hadir dengan layar berukuran 6,5 inci, terpaut lebih besar ketimbang realme 3 yang hanya berukuran 6,22 inci. Realme menawarkan rasio screen-to-body sebesar 89 persen yang menghasilkan tampilan lebar.

Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 3
Perangkat Realme 5i. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Tampilan ini terbilang nyaman untuk pengalaman visual saat melihat gambar dan menonton video. Layar dari Realme 5i memiliki resolusi HD Plus dengan 1.600 x 720 piksel. Perlindungan Corning Gorilla Glass 3 juga sudah hadir melindungi area layar Realme 5i. Masih di bagian layar, material layarnya sendiri adalah IPS LCD capacitive touchscreen, 16 M colors.

Pengalaman selama menggunakan smartphone ini di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya bisa tampil dengan baik. Namun agar lebih maksimal tentu harus mengatur tingkat kecerahan alias brightness ke mode penuh atau maksimal. Interaksi di dalam layar juga terbilang baik dan responsif ditambah dengan pengalaman sentuh yang halus.

Pada bagian depannya tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home, dan Back tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual bersama sistem operasi Android Pie dengan User Interface (UI) ColorOS 6.1 berbasis Android Pie.

Performa

Melangkah ke aspek penting lainnya, yakni performa. Realme 5i hadir disokong chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE atau Artificial Intelligence Engine. Chipset di balik kap mesin Realme 5i mengadopsi proses FinFET 11 nm terbaru yang diklaim lebih hemat daya sebesar 15 persen dibandingkan dengan prosesor 12 nm sebelumnya.

Masih untuk urusan performa, chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE membawa detail performa Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver). Mendukung keandalan perangkat, Realme 5 dilengkapi pula GPU Adreno 610 untuk menjamin kinerja grafis yang lancar. Realme 5i memiliki tiga pilihan memori internal RAM dan ROM, yaitu 3+32GB, 4+64GB, dan 4+128GB. Realme 5i juga dilengkapi dengan kemampuan ekspansi ruang simpan hingga 256 GB.

Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 4
Hasil skor benchmark Realme 5i. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Masih dari sektor performa, dibandingkan dengan proses 14 nm yang diadopsi pada generasi terakhir (prosesor Qualcomm Snapdragon 660), prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang ditingkatkan menggunakan proses produksi 11 nm yang lebih maju serta mampu memberikan kinerja yang lebih kuat dan konsumsi daya yang lebih hemat. Dilengkapi dengan GPU Adreno 610, prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE diklaim memberikan kualitas gambar lebih baik.

Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa kami menyimulasikan dalam uji benchmark. Tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari memang, namun uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, perangkat Realme 5i mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 174176. Angka tersebut lebih besar ketimbang Realme 5 reguler sebelumnya yang hanya memiliki skor 139390.

Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme 5i berhasil membukukan skor 7877. Skor lagi-lagi lebih besar dari pendahulunya Realme 5 reguler yang hanya mampu membukukan angka 7773. Dengan perolehan skor segitu, Realme 5i harusnya bisa tetap prima menangani beragam kebutuhan aplikasi pengguna.

BACA JUGA:  Adu Teknis Realme 5i Vs Redmi Note 8, Siapa Lebih Unggul?

Gaming

Setelah performa, aspek pengujian selanjutnya adalah kebutuhan gaming. Handset Realme 5i untuk kebutuhan gaming kami jajal dengan beberapa game sekaligus. Game yang kami jajal adalah game FPS populer kekinian Call of Duty: Mobile.

Lewat game tersebut, kami merasa peningkatan yang lumayan ada pada perangkat ini. Jika dibandingkan dengan Realme 5 reguler, performa game-nya terasa lebih halus pada Realme 5i. Kami tak tahu mengapa, pasalnya chipset dan GPU yang dibawanya sama saja.

Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 5
Setting game pada Realme 5i. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Perangkat sanggup menjalankan tugasnya dengan baik dengan menunjukan setting grafis default di ‘High’ saat memulai game pertama kali. Tidak bisa rata kanan, namun setting-an grafis di mode ‘High’ sudah cukup nyaman di mata dengan gejala lag yang hampir tidak ada. Render grafisnya tergolong cepat. Padanan warnanya juga pas.

Game lainnya seperti aksi ngebut di jalan raya dengan Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits serta beberapa game menghibur lainnya juga demikian. Hampir tanpa cacat meski setting grafisnya tak bisa dibuat rata kanan. Ketika diajak main game pun, perangkat tidak terasa panas pada sektor bodinya.

Daya Tahan Baterai dan Keamanan

Sampai kepada urusan lain yakni urusan daya. Kehadiran Realme 5i, selain desain, kamera, dan performa yang ditingkatkan juga ada keunggulan lainnya. Dia adalah sektor daya atau baterai yang besar.

Baterainya 5.000 mAh. Umur baterai sangat panjang bisa didapat dengan baterai berkapasitas setinggi itu di segmennya. Kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak membuat pengguna menggunakan smartphone lebih lama sebelum pengisian daya selanjutnya. Desain perlindungan multi-level untuk sel baterai memungkinkan pengguna untuk menikmati durasi baterai ekstra besar yang sangat lama.

Dengan daya segitu, handset ini sanggup bertahan hingga 1 hari lebih pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game, dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi. Namun jika digunakan full untuk bekerja, menjalankan banyak aplikasi chatting, sosial media, push email tethering hotspot, bermain game, menonton video, dan mendengar musik dipadu dengan perangkat wireless earphone Realme Buds dan berfoto ria, Realme 5i sanggup bertahan seharian penuh.

Realme 5 dari sektor baterai juga membawa keunggulan fitur Screen Battery Optimization. Selain itu, Realme 5i juga hadir dengan fitur baterai AI freeze. Dengan fitur tersebut, sistem akan memperkirakan aplikasi yang tidak digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu yang lama. Aplikasi tersebut akan dengan cepat dibekukan dan dinonaktifkan untuk menghemat daya dan membawa kinerja baterai ke tingkat yang lebih ramah konsumsi daya.

Pada fitur Screen Battery Optimization terdapat pula Content Adaptive Backlight Control (CABC). Dengan demikian, Realme 5i diklaim dapat secara dinamis menyesuaikan rasio kontras pada setiap konten yang ditampilkan, memastikan gambar terlihat jelas dengan tetap mempertahankan kecerahan rendah, mengurangi arus pada layar, dan menghemat daya.

Sementara untuk fitur keamanannya, Realme 5i masih hadir dengan fitur yang terbilang komplet seperti pendahulunya. Sebut saja fitur face unlock, dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan sistem keamanan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 6
Perangkat Realme 5i. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Kamera

Sampai kepada sektor kamera. Realme 5i menjagokan empat kamera utama dengan jargon Ultra Wide Quad Camera. Masing-masing ukuran kamera Realme 5i adalah 12 MP PDAF f/1.8, 8 MP ultra wide angle f/2.25, lensa makro 2 MP f/2.4, dan lensa depth sensor 2 MP.

BACA JUGA:  Adu Teknis Realme 5i Vs Redmi Note 8, Siapa Lebih Unggul?

Berada di bagian depan, Realme 5i disematkan kamera depan 8 MP dengan aperture diperbesar menjadi f/ 2.0. Selfie yang diambil dengan model ini melakukan lebih baik dalam hal eksposur, restorasi detail, dan presentasi warna. Keunggulan kamera selfie-nya juga diperkuat dengan fitur berbasis AI.

User Interface (UI) kamera Realme 5i cukup ringkas dan mudah digunakan. Ketika kamera dibuka, tampilan layar langsung menunjukan mode Video, Foto, Potret, dan Beautify Effect di sisi kanan ketika smartphone digunakan memotret dalam orieantasi vertikal. Belum rampung, ada tap yang digambarkan dengan tiga garis yang ketika di buka akan berisi mode lainnya. Mode tersebut adalah Nightscape, Panorama, Pro, Slow Motion, Time Lapse, dan Ultra Makro.

Di bagian atasnya ada pengaturan LED Flash Light, HDR, Wide Angle, Chroma Boost, Filter Warna, dan pengaturan lanjutan. Hal yang sama juga berlaku untuk pengaturan kamera depannya. Mode dan fiturnya mirip-mirip dengan kamera utama dengan penempatan yang serupa.

Namun untuk kamera selfie, mode Beautify-nya lebih expert dengan tambahan filter untuk meniruskan wajah, menghilangkan lipatan dagu, memperbesar pupil mata, membuat hidung lebih tirus, hingga memuluskan kulit. Ini membantu bagi kamu yang ingin tampil semakin sempurna dengan smartphone murah.

Pengalaman menggunakan kamera smartphone Realme 5i kami suka. Apa lagi kini ada dua lensa tambahn untuk fungsi wide angle dan mode makro, semakin menambah kesan canggih pada perangkat terjangkau ini. Kamera utama Realme 5i juga kini mendukung pengambilan video hingga resolusi UHD atau 4K. Selain itu, handset kini juga ditingkatkan dengan slow motion hingga 240 FPS.

Seperti perangkat terdahulu, di sektor kamera Realme 5i masih terdapat fitur Nightscape dan Chroma Boost. Dengan fitur tersebut, pemotretan malam hari jadi tak memiliki masalah. Penggunaan Nightscape mirip dengan kamera long exposure. Dengan timing selama tiga detik, kamera akan menangkap cahaya lebih lama untuk membuat gambar menjadi lebih terang namun tidak over.

Lainnya yang membantu kamera Realme 5i lebih unggul adalah Chroma Boost-nya. Realme 5i ditambahkan dengan mode Chrome Boost yang menggunakan teknologi AI dapat membuat pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan rentang dinamis yang lebih besar. Termasuk detail yang lebih diperkaya di bagian yang disorot dan bayangan, serta eksposur yang lebih seimbang.

Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan berdasarkan adegan atau scene agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik serta mengurangi gejala noise pada pemotretan low-light. Over-all, kami suka dengan hasil kamera Realme 5i. Lihat saja hasil jepretan kami dalam berbagai skenario.

Kesimpulan

Sampai pada kesimpulan, pengalaman menggunakan smartphone realme 5i kami bilang sangat menyenangkan. Performanya ditingkatkan. Baterai lebih besar, kamera lebih banyak, chipset terkini dengan fabrikasi 11 nm yang lebih tangguh membuat perangkat ini layak dijadikan pilihan di segmen terjangkau.

Smartphone Realme 5i untuk kebutuhan penggunaan harian sangat cukup untuk meng-cover kebutuhan pengguna yang beragam. Ditambah desain yang cantik dan baru, Realme 5i bisa pula diajak bergaya.

Secara keseluruhan, hampir segala kebutuhan pengguna bisa digantungkan pada smartphone ini hampir tanpa kendala. Pilihan yang diberikan Realme juga beragam. Tinggal tentukan sendiri sesuai kemampuan kocek kamu. Nantikan artikel review lainnya dalam waktu dekat di kanal Teknologi, KalbarOnline.com.

Berikut hasil jepretan kamera smartphone Realme 5i:

Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 7
Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 8
Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 9
Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 10
Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 11
Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 12
Realme 5i Persis Pendahulunya, Kini Dijagokan Segmen Rp 1 Jutaan 13

Comment