Bupati Rupinus Hadiri Perayaan Natal Bersama Umat Katolik Paroki Nanga Taman Rirang Jati

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus kembali menghadiri perayaan natal bersama umat Katolik Sekadau. Kali ini Bupati menghadiri perayaan natal bersama yang digelar umat paroki Nanga Taman di Stasi Rirang Jati, Minggu (5/1/2020).

Seperti diketahui, sebelumnya Bupati menghadiri natal bersama umat Katolik Paroki Santo Petrus Rasul Sekadau pada 3 Januari lalu. Kemudian berlanjut ke Paroki Santo Petrus Rasul Monumental Sekadau di Dusun Tapang Perodah pada 4 Januari kemarin.

Di setiap kunjungan kerjanya di dusun dan di desa-desa, Bupati Rupinus maupun Wabup Aloysius selalu disambut meriah oleh masyarakat. Seperti terlihat pada penyambutan Bupati dan rombongan pada Natal bersama Paroki Nanga Taman di Rirang Jati ini.

Bupati Rupinus disambut dengan acara ritual adat, kemudian pemancungan buluh muda dan injak telur dan dilanjutkan dengan tarian tradisional dan tarian dayak kreasi. Ratusan umat katolik dari seluruh stasi di paroki Yesus Tersalib Nanga Taman Hadir dalam acara natal bersama ini. Acara natal bersama diawali dengan misa kudus. Misa kudus dipimpin langsung oleh Pastor Paroli Yesus Tersalin Nanga Taman, Pastor Martin Ngabadi, CP.

Baca Juga :  Polsek Belitang Hulu Amankan Pelaku Curat

Adapun tema khotbah pastor Martin adalah persembahan diri dan pembawa sukacita. Dalam homilinya, Pastor Martin bertutur, berangkat dan belajar dari tiga raja, Melkior, baltasar dan Gaspar yang mempersembahkan harta miliknya yang berharga kepada Yesus pada perayaan penampakan Tuhan, maka kita diundang dan diminta mempersembahkan yang terbaik juga untuk Tuhan, seluruh hidup kita dalam tugas dan karya kita masing-masing-masing keluarga, gereja dan masyarakat.

“Pertanyaan untuk kita, Apa yang sudah kita persembahkan untuk semuanya itu?,” tanya Pastor Martin.

Sementara Bupati Rupinus dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Panitia Natal bersama yang telah memyiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga acara terlaksana dengan baik.

“Saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat Natal dan tahun baru 2020, mohon maaf karena selama masa Natal kemarin belum sempat bersilaturahmi dengan umat di Paroki Nanga Taman dan sekarang baru sempat,” ucapnya.

Baca Juga :  Wabup Subandrio Pantau Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia di Desa Semabi

Bupati mengingatkan, hiduplah bersahabat dengan semua orang tanpa membeda-bedakan latar belakang seseorang, hal ini perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sekadau yang damai yang sudah lama terjadi dan ini mesti dipertahankan. Pesan ini sesuai tema natal tahun 2019. Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang.

“Tema Natal ini sangat luar biasa,” tegasnya.

Sementara Pastor Paroki Nanga Taman, Pastor Martinus Ngabadi, CP dalam sambutannya mengajak umat bersyukur karena natal bersama adalah wujud nyata membangun dan mengakrapkan persaudaraan. Sesuai tema natal, hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang.

“Maka diajak agar semua umat mau terus bekerja sama meningkatkan persaudaraan intern terlebih dahulu baru memberikan yg terbaik untuk sesama. Diajak pula membangun dan meningkatkan semangat dalam beriman di tahun 2020,” tukasnya.

Pastor Martin turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat yang memberi dukungan bagi paroki secara khusus Pemerintah Kabupaten Sekadau yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan Paroki Nanga Taman. 

Usai acara misa dan seremonial, dilanjutkan dengan makan bersama dan ramah tamah. Beberapa penampilan kerohanian turut ditamlilkan pula dalam acara tamah ini. (Mus)

Comment