Hadapi 2020, Pemkab Akan Fokus Tata Wajah Kota Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Menghadapi tahun 2020, berbagai pembangunan prioritas akan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Ketapang. Satu di antaranya yakni penataan wajah kota Ketapang dengan melakukan beberapa pembangunan di seputar kota Ketapang untuk dijadikan ikon sekaligus tempat bersantai bagi masyarakat Ketapang. Hal itu diutarakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Harto saat diwawancarai awak media, Minggu (5/1/2020).

Dijelaskan Harto, tahun 2020 ini akan dilakukan pembangunan-pembangunan infrastruktur berkelanjutan yang terkonektivitas dengan RPJM Nasional termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“2020, pembangunan infrastruktur tetap dilakukan karena infrastruktur berkaitan dengan peningkatan aktivitas perekonomian daerah, terlebih Ketapang telah dijadikan kawasan industri dengan adanya beberapa proyek strategis nasional di Ketapang,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, hal yang menjadi prioritas pihaknya yakni mengenai penataan wajah kota Ketapang yang sebelumnya belum banyak dipoles dan akan dipoles sedemikian rupa agar dapat menjadi ikon dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat Ketapang ataupun masyarakat luar Ketapang.

Baca Juga :  Curi Motor, Seorang Pemuda di Ketapang Dibekuk Polisi

“Nanti akan dilakukan pembangunan trotoar jalan, lampu disertai dengan tempat bersantai dan taman-taman di Jalan Jendral Sudirman dan pembangunan ini ke depan akan berlanjut di titik-titik lain secara bertahap. Ini dilakukan agar ada ruang masyarakat khususnya pejalan kaki serta masyarakat yang hendak bersantai duduk-duduk dan bersantai di sepanjang lokasi ini nantinya sehingga ada kesan baru yang bisa melekat dan menarik bagi masyarakat luar yang berada di Ketapang khususnya,” tukasnya.

Selain itu, lanjutnya lagi, di tahun 2020 ini nantinya akan dilakukan pembangunan hotmix jalan-jalan yang pada tahun 2017 telah dilebarkan seperti Jalan S Parman, Jendral Sudirman, Karya Tani dan Gatot Subroto.

Baca Juga :  Geledah Ruang Kerja Ketua DPRD Ketapang, Jaksa Sita Sejumlah Dokumen

“Karena jalan-jalan ini sudah lama dilebarkan namun belum di hotmix sehingga di tahun 2020 akan dilakukan hotmix untuk jalan-jalan ini,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Bappeda Ketapang, Heri Iskandar menjelaskan, pembangunan trotoar hingga tempat bersantai di Jalan Jendral Sudirman dilakukan dengan mereplikasi konsep daerah lain yang telah melakukannya dengan baik sehingga kedepan wajah kota Ketapang semakin nyaman tidak hanya bagi pengendara tetapi juga bagi pejalan kaki dan masyarakat secara umum yang bisa mendapatkan tempat alternatif untuk bersantai.

“Untuk pembangunan troroar, lampu jalan, kursi-kursi untuk santai dan taman-taman kecil di Jalan Jendral Sudirman pelaksananya ada dua dinas yakni di Dinas Perkim dan PUTR,” terangnya.

Ia berharap apa yang akan dibangun dapat menjadi daya tarik tersendiri dan memberi pesan positif untuk Ketapang bagi masyarakat Ketapang maupun masyarakat luar yang berkunjung di Ketapang. (Adi LC)

Comment