Categories: Kubu Raya

Pendapatan Pajak Daerah Kubu Raya Naik Signifikan

KalbarOnline, Kubu Raya – Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Kubu Raya mampu melampaui target pajak daerah yang telah ditetapkan. 31 Desember 2019, dari target yang ditetapkan sebesar Rp125,55 miliar, tercapai Rp126,42 miliar atau sebesar 100,52 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Supriaji melalui Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi (P2E), Sagi menerangkan, beberapa sektor yang mengalami peningkatan secara signifikan di antaranya pajak restoran, pajak pengambilan mineral bukan logam dan batuan, pajak bumi dan bangunan dan pajak parkir.

“Peningkatan ini merupakan hasil kerja keras dari berbagai pihak,” ujar Sagi di Sungai Raya, kemarin.

Sagi menuturkan, pemasangan alat perekam data transaksi pada tempat usaha terutama restoran turut memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan pajak daerah.Ia mengungkapkan, di tahun 2020 akan dilakukan penambahan alat perekam data transaksi. Sehingga setiap pelaku usaha di Kabupaten Kubu Raya tidak lagi melakukan pembayaran secara manual dengan bon bill.

“Hal ini dilakukan agar tercipta transparansi dan trust baik dari pelaku usaha, Pemerintah, dan masyarakat. Sehingga dapat lebih mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kubu Raya,” terangnya.

Ia melanjutkan, berbagai pelayanan dalam jaringan (online) yang dilakukan, misalnya dalam pembayaran PBB, juga turut membantu terlampauinya target yang telah ditetapkan.

Pembayaran PBB yang dapat dilakukan di seluruh Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Kalbar maupun Kantor Pos juga memudahkan masyarakat menunaikan kewajibannya.

“Ke depannya akan diupayakan penambahan channel atau saluran pembayaran sehingga dapat lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran,” ungkapnya.

Untuk target, kata Sagi pendapatan pajak daerah tahun 2020, terdapat kenaikan sebesar Rp 16 Miliar.  Ia menyatakan berbagai usaha yang telah memberikan hasil yang baik akan diteruskan.

“Sambil terus melakukan berbagai perbaikan maupun peningkatan agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai secara optimal,” tambahnya. (ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Sekda Ketapang Buka Kegiatan Gelar Talenta Pendidikan Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo membuka Gelar Talenta Pendidikan…

2 hours ago

Pj Bupati Kamaruzaman dan Sekda Yusran Antusias Saksikan Semifinal Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar nonton bareng (nobar) laga semifinal Piala…

10 hours ago

Optimalkan Pelayanan, Kamaruzaman Teken Kerja Sama dengan Enam Instansi Sekaligus

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menandatangani kesepakatan bersama dan…

10 hours ago

Warga Padati Halaman Polresta Pontianak, Nobar Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Pontianak - Ribuan warga Kota Pontianak memadati halaman Polresta Pontianak untuk nonton bareng (nobar)…

16 hours ago

Ribuan Penari Meriahkan Kalbar Menari 2024 di Pendopo Gubernur

KalbarOnline, Pontianak - “Serentak Menari, Bergerak Bahagiakan Bumi” menjadi tema yang diambil dalam peringatan Hari…

17 hours ago

1.085 Atlet Pelajar Siap Berlaga di Popda Kota Pontianak 2024

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 1.085 atlet pelajar SMP dan SMA se-Kota Pontianak siap berlaga pada…

17 hours ago